Mengerikan! Harga Beras Diramal Tembus Rp1 Juta/Karung Akhir Tahun

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta, memprediksi harga beras jenis Pandan Wangi bisa tembus hingga Rp 1 juta per karung 50 Kg pada akhir tahun nanti, tepatnya pada bulan Desember 2023. Hal ini karena pasokan menipis di tengah musim paceklik dan musim kemarau yang melanda Indonesia.

Cecep, salah seorang pedagang beras di PIBC memprediksi kenaikan harga beras Pandan Wangi hingga mencetak Rp 1 juta per karung 50 Kg itu baru akan terjadi di bulan Desember mendatang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Itu naik jadi Rp1 juta (per karung) nanti bulan 12 (Desember),” kata Cecep dilansir dari laman CNBC Indonesia di PIBC, Jakarta Timur, Rabu (6/9/2023).

Dia menyebut kondisi tersebut memang sudah siklusnya demikian, di saat pasokan beras yang menipis maka sudah dapat dipastikan harga beras akan melambung tinggi. Seperti diketahui, pada bulan Desember merupakan masa tanam padi, bukan masa panen, sehingga persediaan beras jadi menipis.

“Di akhir tahun memang begitu siklusnya karena pasokan lagi kosong, karena lagi musim tanam. Tahun kemarin saja Pandan Wangi (di PIBC) Rp16.000 per Kg,” ujarnya.

Sementara itu, Yono, pedagang beras lainnya di PIBC memprediksi harga beras Pandan Wangi pada akhir tahun bisa mencetak hingga Rp18.000 per Kg di PIBC. Harga ini tentu akan mengalami kenaikan lagi di pedagang eceran.

“Yang tahun ini saya prediksi bisa lebih dari Rp16.000 (per kg). Bahkan bisa Rp18.000 (per kg), bisa, bisa. Kalau pandan wangi ya, karena pandan wangi itu beras khusus, gak ada HET (harga eceran tertinggi) nya,” kata Yono.

Ia mengungkapkan, saat ini harga beras Pandan Wangi sudah berada di atas Rp15.000 per kg. Apabila dihitung per karungnya, maka berada di angka Rp750.000 per karung 50 Kg.

“Kalau saat ini Pandan Wangi di atas Rp15.000 (per kg), kalau perkara 50 Kg sekitar Rp750.000,” ungkap Yono.

Yono menyebut penurunan harga beras baru bisa terjadi jika ada panen, sementara pada bulan tersebut kondisi sedang masa tanam, sehingga kenaikan harga tidak terelakkan lagi.

“Yang bisa menurunkan harga nanti itu kalau panen, baru bisa turun. Karena yang butuh itu bukan hanya Jakarta, tapi sekitarnya juga membutuhkan,” ujarnya.

Sedangkan dari pantauan reporter hajinews.id, harga beras di daerah Soreang Bandung untuk kualitas sedang dipasarkan dengan harga Rp 13000/kilo, untuk kualitas bagus dipasarkan mulai dari Rp 14000/kg.

Keluhan dari warga harga beras dan telur sukar untuk diprediksi karena harganya yang berubah-ubah dan cenderung melambung.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *