Ini Amalan Terbaik Menurut Hadis Shahih

Amalan Terbaik Menurut Hadis Shahih
Amalan Terbaik Menurut Hadis Shahih
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat Islam, baik ringan maupun berat. Di antara sekian banyak amal, ada satu yang dianggap paling baik.

Menurut hadis Shahih Bukhari, amalan yang paling utama adalah iman. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Ini bunyinya,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ: أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ فَقَالَ: إِيمَانُ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ قِيلَ : ثُمَّ ماذا قَالَ: الْجِهادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قِيلَ : ثُمَّ مَاذَا قَالَ: حَقٌّ مبرور أخرجه البخاري في: ۲ كتاب الإيمان

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artinya: “Rasulullah SAW ditanya: ‘Apakah amal yang paling utama?’ Nabi SAW bersabda: ‘Iman kepada Allah dan Rasulullah.’ Lalu ditanya: ‘Kemudian apa?’ Jawabnya: ‘Jihad fi sabilillah.’ Lalu ditanya lagi: ‘Kemudian apa?’ Nabi SAW menjawab, ‘Haji yang mabrur.’” (HR Bukhari dalam kitab Iman)

Abu Dzar RA turut meriwayatkan hal serupa dengan redaksi yang lebih panjang. Ia mengatakan,

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَل أَفْضَلُ قَالَ: إِيمَانُ بِاللَّهِ وَجِهادٌ في سَبيلِهِ قُلْتُ: فَأَيُّ الرِّقَابِ أَفْضَلُ قَالَ: أَغْلَاهَا ثَمَنَّا وَأَنْفَسُها عِنْدَ أَهْلِهَا قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ قَالَ: تُعِينُ صَائِعًا أَوْ تَصْنَعُ لِأَخْرَقَ قَالَ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ قَالَ: تَدَعُ النَّاسَ مِنَ الشَّرِّ فَإِنَّها صَدَقَةٌ تَصَدَّقُ بِهَا عَلَى نَفْسِكَ أَخرجه البخاري في: ٤٩ كتاب العتق

Artinya: “Aku bertanya kepada Nabi SAW: ‘Apakah amal yang utama?’ Jawabnya: ‘Iman kepada Allah dan jihad fi sabilillah.’ Lalu aku tanya lagi: ‘Memerdekakan budak mana yang lebih utama?’ Nabi SAW menjawab: ‘Yang lebih mahal harganya dan yang sangat disayang oleh pemiliknya.’ Abu Dzar bertanya: ‘Jika aku tidak bisa melakukan itu?’ Nabi SAW bersabda, ‘Membantu orang yang melakukan demikian, atau melaksanakan untuk orang yang tidak bisa (mewakili orang yang tidak bisa melakukannya).’ Abu Dzar bertanya lagi:’ Jika tidak bisa juga?’ Nabi SAW menjawab: ‘Menghindarkan orang-orang dari kejahatan, maka itu sebagai sedekah untuk dirimu.’” (HR Bukhari dalam kitab Memerdekakan Budak)

Masih dalam Shahih Bukhari, penyusun kitab juga mengeluarkan hadits tentang pengertian iman dan cabang-cabangnya berdasarkan riwayat Abu Hurairah RA. Menurut riwayat ini, iman adalah percaya pada Allah SWT, malaikat-Nya, dihadapkan pada-Nya, pada Nabi utusan-Nya, dan percaya pada hari kebangkitan dari kubur. Dalam redaksi lain: iman kepada Allah SWT, malaikat, kitab-kitab, nabi dan rasul, hari kiamat, dan qada dan qadar.

Abu Ayyub Al-Anshari meriwayatkan, ada seorang Badui yang menghadang Nabi SAW di tengah jalan seraya memegang unta tunggangan Nabi SAW. Orang itu bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amalan apa yang dapat membawanya ke surga.

Nabi SAW menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمُ الصَّلاةَ وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ وَتَصِلُ الرَّحِمَ ذَرْهَ

Artinya: “Hendaknya engkau menyembah Allah dan tidak mempersekutukannya dengan apa pun, dan mendirikan salat, dan menunaikan zakat dan menjalin tali kekerabatan.” (HR Bukhari dalam kitab Adab)

Amalan yang Dicintai Allah

Imam Bukhari juga menyebutkan hadits tentang amalan yang dicintai Allah SWT. Menurut riwayat Abdullah bin Mas’ud yang menanyakannya kepada Rasulullah SAW, ada tiga amalan yang dicintai Allah SWT, yakni salat tepat pada waktunya, berbakti kepada orang tua, dan berjuang menegakkan agama Allah SWT (jihad fi sabilillah). Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Bukhari pada kitab Waktu-waktu Salat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *