Koalisi Besar dan Isu Dua Poros sebagai Upaya Mengalahkan Duet Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Koalisi Besar dan Isu Dua Poros
Koalisi Besar dan Isu Dua Poros
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ganjar Pranowo sudah resmi di calonkan sebagai calon presiden dari PDIP dan PPP. Diseberang sana ada nama Prabowo Subianto yang juga sudah dicalonkan sebagai calon presiden dari Partai Gerindra, Golkar dan PAN. Terakhir, Partai Demokrat merapat mendukung Prabowo Subianto.

Bisa saja koalisi besar terwujud bila skenario Ganjar Pranowo berduet dengan Prabowo Subianto disepakati. Entah Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Prabowo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lalu bagaimana dengan Airlangga Hartarto yang telah ditetapkan sebagai calon presiden dari Partai Golkar. Akankah Golkar membuat kejutan politik jelang masa pendaftaran capres dan cawapres?

Sebagaimana kita ketahui. Sejak Pilpres langsung yang dimulai sejak tahun 2004 sampai tahun 2019, Partai Golkar belum pernah menang dalam mengusung calon presiden.

Akankah di Pilpres 2024, Partai Golkar meraih kemenangan dalam mengusung calon presiden dan calon wakil presiden? Diprediksi kemungkinan besar Partai Golkar di Pilpres 2024 mengusung calon presiden maupun wakil presiden bukan dari kader Partai Golkar.

Bagaimana pula nasib trah Soekarno di PDIP? Bila skenario Ganjar-Prabowo diperkirakan ada deal-deal tertentu antara MSP, Jokowi, dan Ganjar Pranowo. Misalnya saja baik Jokowi maupun Ganjar Pranowo tak akan mengganggu trah Soekarno di PDIP misalnya. Sebab ada isu Jokowi mengincar posisi Ketua Umum PDIP pasca lengser dari kursi kepresidenan.

Agak berbeda bila duet Prabowo-Ganjar. Tentu MSP dan PDIP tak terlalu khawatir keberlangsungan trah Soekarno di PDIP. Duet ini juga sebagai ganti paket Prabowo-Puan yang sempat menjadi percakapan pasca Prabowo Subianto masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Kita tunggu bagaimana langkah politik kubu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menghadapi rencana bersatunya Prabowo dan Ganjar dalam satu paket atau Ganjar Pranowo justru akan berhadapan dengan Prabowo Subianto dan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024?

Wallahua’lam bish-shawab.

Bandung, 6 Rabiul Awwal 1445/22 September 2023

banner 800x800