5 Ikan Air Tawar Kaya Protein, Apa Saja?

Ikan Air Tawar Kaya Protein
Ikan gurame
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ikan adalah sumber protein makanan. Di bawah ini adalah daftar ikan air tawar yang kaya protein.

Ikan air tawar adalah ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, sungai, dan danau, serta salinitas badan airnya kurang dari 0,05%. Di Indonesia banyak masyarakat yang memelihara ikan air tawar. Ikan air tawar sama populernya dengan ikan laut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sama seperti ikan air asin, ikan air tawar mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk protein.

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh. Protein juga memiliki fungsi mengatur keseimbangan cairan tubuh atau mencegah edema dan mengangkut nutrisi.

Di bawah ini daftar ikan air tawar kaya protein mengutip berbagai sumber.

  1. Ikan lele

Ikan lele adalah ikan nokturnal yang hidup di air tawar. Ikan lele umumnya mempunyai tubuh yang panjang dengan warna hitam atau abu-abu dan tidak memiliki sisik.

Lele dikenal menyediakan nilai nutrisi tinggi, seperti vitamin, mineral, lemak sehat, dan protein.

Mengandung padat protein, menjadikan lele membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu lele juga rendah kalori asalkan cara mengolahnya bukan dengan digoreng.

Melansir Healthline, dalam 100 gram ikan lele mengandung 18 gram protein, 105 kalori, dan 2.9 gram lemak. Ikan ini juga kaya akan kandungan vitamin B12, selenium, thiamine, potassium, dan asam lemak omega 3.

  1. Ikan nila

Nama ikan nila diambil dari tempat asalnya, yaitu sungai nil. Ikan nila adalah ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dan bersisik kasar.

Ikan nila terkenal dengan rasanya yang manis, ringan, dan teksturnya yang bersisik. Rasa ikan nila sangat berfluktuasi tergantung kualitas air dan pakan. Ikan ini juga bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes.

Melansir WebMD, ikan ini adalah salah sumber protein paling sehat. Ikan nila kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti kolin, niacin, vitamin B12, vitamin D, selenium, dan omega 3.

Ikan nila juga dikenal memiliki khasiat mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Ikan patin

Ikan patin termasuk salah satu ikan air tawar yang mengandung protein tinggi.

Dikutip dari situs resmi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, jenis ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan.

Ikan patin adalah ikan asli Thailand yang penyebarannya sudah sangat luas di Indonesia.

Ikan patin kaya nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalori, lemak, protein, natrium, vitamin B12, selenium, fosfor, dan tiamin.

  1. Ikan gurame

Ikan air tawar yang satu ini sangat populer di Indonesia, apalagi di restoran-restoran masakan Nusantara. Ikan gurame digemari banyak orang karena rasanya yang lezat saat diolah jadi ragam masakan.

Dalam 100 gram ikan gurame, terdapat 18 gram protein, 127 kalori, dan 5,6 gram lemak. Ikan gurame juga mengandung kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan fosfor, serta vitamin A, B6, B12, vitamin C, dan vitamin D3.

  1. Ikan mujair

Ikan Mujair adalah jenis ikan tawar yang berasal dari benua Afrika. Di Indonesia ikan ini dinamai mujair karena orang yang pertama kali menemukannya di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur adalah orang yang bernama Pakde Mujair.

Melansir Healthline, ikan mujair merupakan sumber protein dengan beberapa vitamin dan mineral, seperti selenium, vitamin B12, niasin dan kalium. Ikan mujair juga kayak akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat konsumsi ikan mujair antara lain menjaga kesehatan jantung, kesehatan mental, melawann peradangan, dan mengurangi perlemakan hati.

Demikian 5 ikan air tawar yang mengandung protein tinggi. Semoga membantu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *