9 Kebiasaan Yang Membuat Otak Lemot dan Pelupa, Kurangi Sedikit, Oke!.

Kebiasaan Yang Membuat Otak Lemot
Pelupa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Sungguh menyebalkan jika mempunyai teman yang “lemot” dalam ngobrol atau lama terhubung. Anda harus menjelaskannya beberapa kali untuk memahami apa yang dibicarakan. Bagaimana jika Anda sendiri pernah mengalami hal seperti ini? Sayangnya, hal ini terjadi secara perlahan dan mudah dilupakan. Wah, aku masih muda, aku sudah tua kan?

Otak lemot dan mudah lupa, itu bukan keturunan atau tanpa alasan, yang jelas itu dipengaruhi oleh caramu menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dampaknya terhadap kecepatan berpikir sangatlah besar. Jika dibiarkan, otak Anda lama kelamaan bisa menyusut dan berujung pada demensia atau bahkan penyakit Alzheimer.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hindari kebiasaan otak lemot ini sekarang agar Anda dapat mengejar ketertinggalan lebih cepat tanpa menua selagi Anda masih muda.

  1. Sering melewatkan sarapan. Lapar atau nggak, otakmu itu butuh asupan untuk menunjang aktivitas

Banyak orang yang menyepelekan sarapan karena berbagai alasan, mulai dari belum lapar sampai nggak ada waktu. Padahal, nggak sarapan berakibat turunnya kadar gula dalam darah yang jadi ‘bensin otak’ dan asupan nutrisi penting pada otak. Kalau otaknya nggak dikasih makan tapi dipaksa kerja, lemot dong jadinya.

  1. Dehidrasi karena malas minum air putih juga bikin otak menyusut dan menghambat fungsinya

Sel otak sama dengan sel lainnya yang sangat membutuhkan air untuk menghidrasi. Dalam sebuah studi, jika kita berkeringat selama 1 jam, maka bisa membuat otak tua selama 1 tahun. Makanya, jangan biarkan tubuhmu kehausan dengan rutin minum air putih biar otak juga lancar melakukan fungsinya.

  1. Radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara mengacaukan kerja otakmu juga

Ternyata otak juga bisa terkena dampak serius akibat polusi udara. Pasalnya, otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi bikin kerja otak jadi nggak efisien.

  1. Keseringan main gadget juga bikin otak jadi tumpul. Mulai dari sulit mengingat memori panjang sampai kecanduan

Ketika mainan gadget, kamu akan cenderung berpindah-pindah aplikasi selain buka medsos, bukan? Selain itu, informasi yang tersedia di medsos cenderung informasi yang dangkal, nggak sebanyak dibandingkan informasi dari artikel atau buku. Dibaca 10 detik, selesai.

Otak yang terbiasa memproses informasi yang singkat akan kaget ketika dihadapkan dengan informasi panjang. Konsentrasinya nggak biasa dipaksa lama.

Banyaknya medsos juga bikin kamu gelisah untuk selalu ngecek notifikasi. Adanya perasaan ‘nagih’ ini bikin konsentrasimu gampang buyar. Kalau konsentrasi sudah buyar, ujung-ujungnya gampang lupa, kan?

  1. Begitu pun dengan googling. Kemudahan mengakses informasi dari Google bikin kamu malas membongkar memori di otak
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *