Penderita Asam Urat Sebaiknya Hindari 6 Makanan Ini!

Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini
Sayur Bayam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Saat asam urat menyerang, tubuh merasakan nyeri yang tidak menentu. Sendi di kaki dan tangan saya sangat pegal dan nyeri.

Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya memilih makanan dengan hati-hati agar tidak terulang kembali. Sebab jika terjadi berulang-ulang, bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan tinggi purin untuk mencegah penumpukan kristal asam urat dalam tubuh.

Menurut RS Siloam, purin banyak terdapat pada sel makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan sehingga sulit untuk dicerna seluruhnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi dan sebaiknya dihindari. Apa saja?

1. Madu

Perlu diketahui walaupun banyak manfaatnya, ternyata madu punya kadar fruktosa yang tinggi. Nah, madu melepaskan purin saat terurai di tubuh. Oleh karena itu wajib mengurangi konsumsi madu jika asam urat.

2. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan penyebab asam urat kambuh berikutnya. Memang, asparagus memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, asparagus diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Hal inilah yang mengakibatkan asparagus termasuk pantangan asam urat.

3. Sayur Bayam

Selain asparagus, bayam merupakan sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Lantaran, sayur bayam didapati mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Bahkan, dalam 100 gram sayur bayam diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin.

4. Seafood

Seafood sudah terkenal jadi pantangan bagi penderita asam urat, di antaranya yaitu kerang, udang, serta teri. Lantaran, makanan laut ini diketahui memiliki kadar purin yang tinggi.

5. Daging Merah

Di samping jeroan, daging merah ternyata juga menjadi pantangan asam urat. Namun, purin yang terkandung di dalam daging merah masih tergolong sedang dan tidak terlalu tinggi seperti pada jeroan.

Jadi, Anda yang menderita asam urat masih bisa mengonsumsi daging merah namun perlu dibatasi jumlahnya. Batas mengonsumsi daging merah adalah maksimal 100 gram dalam sehari.

6. Minuman Beralkohol

Pantangan asam urat lainnya adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol diketahui dapat menghambat ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh. Apabila pembuangan asam urat berlebih terganggu, tubuh akan menyimpannya di sendi sehingga dapat memperburuk rasa sakit dari arthritis atau radang sendi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *