Mengapa Tekanan Darah Tinggi Disebut Sebagai “Silent Killer”?

Tekanan Darah Tinggi Disebut Sebagai “Silent Killer”
Tekanan Darah Tinggi Disebut Sebagai “Silent Killer”
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Hipertensi atau Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari biasanya. Tekanan darah berubah sepanjang hari tergantung aktivitas. Pembacaan tekanan darah yang secara konsisten lebih tinggi dari biasanya dapat mengarah pada diagnosis hipertensi.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan kematian dini. Selain itu, tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dijuluki “silent killer”, artinya penyakit yang membunuh orang secara diam-diam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Beberapa orang mungkin tidak tahu mengapa kita berbicara tentang hipertensi. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai tekanan darah tinggi, simak informasinya berikut ini!

  1. Hipertensi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan pada pembuluh darah terus meningkat. Kekuatan dorongan darah terhadap dinding pembuluh darah (arteri) saat jantung memompa inilah yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Semakin besar tekanan yang tercipta, maka semakin sulit jantung memompa darah.

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi serius yang membawa risiko penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya. Masih mengutip sumber yang sama, tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian dini di seluruh dunia.

  1. Hipertensi adalah penyakit yang dapat membunuh diam-diam

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, hipertensi dikenal sebagai “silent killer” karena sering kali terjadi tanpa gejala. Tidak adanya keluhan berarti pasien tidak menyadari bahwa dirinya mengidap hipertensi. Bahkan, beberapa di antaranya baru diketahui saat mengalami komplikasi akibat tekanan darah tinggi.

Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala jelas yang menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Hal ini menyebabkan banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit darah tinggi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur.

  1. Tekanan darah yang tinggi membuat banyak organ rusak secara perlahan

Menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi dapat berkembang secara perlahan dan berhubungan dengan masalah kesehatan. Tekanan darah tinggi yang diam-diam dapat merusak pembuluh darah secara perlahan dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Para ahli juga menjelaskan bahwa penyakit darah tinggi tidak ada obatnya, namun dapat dikontrol dengan menjaga pola hidup sehat dan menjalani pengobatan. Mengonsumsi obat sesuai petunjuk dan menjaga gaya hidup sehat dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan mengurangi risiko komplikasi terkait tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan banyak lagi.

  1. Penting untuk mengetahui tekanan darah

Cara mengetahui tekanan darah Anda adalah dengan melakukan tes tekanan darah. Anda dapat memantau tekanan darah Anda dengan memeriksanya secara rutin. Ini akan memberi tahu Anda jika tekanan darah Anda berubah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *