11 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW

11 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW
Makanan Halal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Rasulullah SAW punya cara menjaga tetap sehat, ada banyak cara yang juga penting bagi manusia.

Agar tetap sehat, kita perlu mengembangkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kebiasaan sehat Rasulullah SAW.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bangun Pagi

Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan untuk bangun pagi yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan bangun pagi, tubuh akan menjadi lebih segar dan lebih berpeluang untuk dapat meningkatkan produktivitas.

Bahkan, Rasulullah SAW mempunyai adab dan sunnah tersendiri tepat setelah bangun tidur, seperti membaca doa, mengusap wajah, mencuci wajah, membersihkan tubuh, menggosok gigi, sampai mengambil wudu. Tentunya, hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dapat dijadikan contoh dari keutamaan bangun pagi.

Menghindari Begadang

Bagi umat muslim, begadang adalah salah satu hal yang wajib dihindari apabila tidak melakukan hal yang bermanfaat. Rasulullah SAW hanya bangun pada tengah malam untuk melaksanakan salat tahajud atau kegiatan yang bermanfaat lainnya. Tahajud sendiri juga sudah disebut dalam Qur’an surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi:

“Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah salat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Konsep Tidur

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya agar tidur dengan posisi miring menghadap ke kanan, hal tersebut bukan tanpa tujuan. Pasalnya, tidur dengan posisi tersebut dapat membuat tubuh sehat terutama pada bagian jantung dan hati, serta dapat memperlancar metabolisme tubuh.

Diriwayatkan Bukhari & Muslim, “Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana wudhu untuk salat, kemudian berbaringlah di bagian tubuhmu sebelah kanan.”

Makan Makanan Halal

Mengonsumsi makanan yang halal sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Umat Islam dilarang untuk mengonsumsi makanan haram yang akan merugikan bagi dirinya sendiri. Hal itu senada juga dengan Surat Al-Maidah ayat 3 yang berbunyi:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas nama Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala.”

Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan untuk setiap muslim agar mengonsumsi makanan yang halal dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengatur Porsi Makan, Minum dan Udara yang Masuk

Rasulullah juga menerapkan hidup sehat yang dilihat dari porsi makan dan minumnya. Seorang muslim dianjurkan untuk menerapkan hal yang sama agar memiliki tubuh seimbang. Jika porsi yang masuk seimbang, tubuh akan merespons dengan baik, jika tidak, tubuh akan merespons dengan negatif.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar