11 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW

11 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW
Makanan Halal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Semua hal tersebut bisa diterapkan dengan menggunakan konsep islam tentang pembagian porsinya, terdiri dari 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman atau cairan, dan 1/3 lagi untuk udara atau pernafasan.

“Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tidak Minum Khamar

Sesungguhnya meminum minuman keras merupakan salah satu hal yang dilarang dalam Islam. Selain sifatnya yang haram, khamar juga akan memberi dampak negatif bagi kesehatan orang-orang yang meminumnya.

Karenanya Rasulullah SAW mengharamkan hal ini bagi seorang muslim. Larangan mengenai khamr ini juga sudah terdapat dalam Qur’an surat Al-Maidah ayat 90-91, yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan tersebut agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan salat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).”

Tidak Makan Berlebihan

Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan agar makan secukupnya dan tidak berlebihan. Tentunya hal tersebut didasarkan pada dampak yang dihasilkan, apabila makan kita secukupnya dapat bermanfaat bagi keseimbangan tubuh, sedangkan jika makan berlebihan dikhawatirkan akan menimbulkan beberapa kerugian.

Sebagaimana yang diceritakan dari Aisyah RA, ”Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

Puasa

Puasa sering kali dilakukan Rasulullah SAW pada hari-hari biasa selain dari bulan Ramadhan dan bersifat sunnah, seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Daud, dan puasa Arafah. Tentunya, puasa juga mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut sesuai dengan hadist riwayat Bukhari yang berbunyi:

“Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.” HR Bukhari. Maksud dari hadist tersebut, yaitu puasa merupakan salah satu cara untuk dapat menyehatkan tubuh karena akan mengeluarkan zat-zat yang merugikan tubuh.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan akan menjaga diri sendiri dari berbagai penyakit, hal tersebut juga menjadi kebiasaan Rasulullah SAW. Apabila kebersihan lingkungan tidak diperhatikan, maka nantinya akan timbul dampak negatif yang bisa berupa penyakit ataupun bencana lainnya.

Dari Rasulullah SAW menjelaskan, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi)

Menjaga Kebersihan Tubuh

Konsep menjaga kebersihan lainnya, yaitu menjaga kebersihan tubuh. Rasulullah SAW sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Tidak hanya satu atau dua bagian saja, tetapi seluruh bagian dari tubuh juga harus dijaga kebersihannya. Menjaga kebersihan tubuh berarti menjaga kesehatan tubuh, jika tubuh bersih maka tubuh akan sehat juga.

“Ada lima macam fitrah, yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR Bukhari no.5891 dan Muslim no. 258)

Olahraga

Olahraga sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Rasulullah SAW juga memiliki kebiasaan untuk berolahraga, seperti berkuda, berenang dan memanah. Ketiga olahraga tersebut dianjurkan Rasulullah SAW agar menjaga kondisi fisik yang baik sehingga bisa membuat diri sendiri menjadi lebih aktif dan energik dalam menjalankan ibadah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar