Rahasia Jantung Sehat Adalah Dengan Rutin Lakukan 5 Kebiasaan Ini Mulai Dari Sekarang!

Rahasia Jantung Sehat
Olahraga Rutin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Jantung merupakan organ penting yang bertugas memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh dan memastikan sel-sel tubuh mendapat pasokan oksigen yang cukup.

Jantung orang dewasa berdetak setidaknya 1.000 kali sehari dan mengedarkan sekitar 14.000 liter darah ke seluruh tubuh. Menjaga kesehatan jantung sangat diperlukan untuk menghindari kondisi berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung yang dapat berujung pada kematian.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa penyebab utama kematian di seluruh dunia adalah penyakit kardiovaskular. Apa saja penyakit kardiovaskular? Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit serebrovaskular, penyakit arteri perifer, hipertensi, stroke, aritmia, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Menurut statistik Organisasi Kesehatan Dunia, 17 juta orang di bawah usia 70 tahun meninggal dini pada tahun 2019 karena penyakit tidak menular, dimana 38% di antaranya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Pada tahun yang sama, 32% kematian akibat penyakit kardiovaskular di seluruh dunia merenggut nyawa sekitar 17,9 juta orang, dimana 85% di antaranya disebabkan oleh stroke dan serangan jantung.

Meski penyakit jantung mematikan, Anda tetap bisa mencegahnya dengan menerapkan kebiasaan sehat jantung. Menurut DetikHealth, Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya ada lima kebiasaan yang bisa menjaga fungsi jantung. Simak Penjelasan Ini!

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak arteri karena suplai oksigen dalam darah akan berkurang. Hal ini tentu berdampak buruk terhadap kesehatan jantung. Oleh karena itu, berhenti merokok menjadi pilihan yang bijak untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Hanya dalam 20 menit saja, detak jantung dan tekanan darah akan turun secara otomatis setelah seseorang berhenti merokok. Dalam jangka waktu 2-3 minggu, peredaran darah ke seluruh tubuh mulai membaik.

  1. Olahraga Rutin

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin terbukti mampu menurunkan, mengontrol berat badan, tekanan darah, dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan jantung.

Tample Health mengungkapkan paling tidak seseorang berolahraga 150 menit dalam seminggu. Jika kamu merasa hal ini terlalu berat untuk dilakukan, maka mulailah terlebih dahulu dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga maupun bersepeda.

  1. Pola Makan Sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang kita konsumsi memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan tubuh. Dengan membiasakan diri mengatur pola makan sehat dengan memperhatikan konsumsi serat, vitamin, dan mineral, maka kesehatan tubuh akan terjaga.

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan banyak sayuran, buah-buahan, dan protein seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan yang mengandung gula tambahan, garam, dan lemak jenuh agar jantung tetap sehat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *