Kultum 237: Memahami Terminologi Fundamentalis dan Teroris

Terminologi Fundamentalis dan Teroris
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sementara itu di dalam Kamus Oxford, fundamentalisme berarti pengaturan ketat dari suatu ajaran kuno atau doktrin-doktrin fundamental dari berbagai agama, khususnya Islam. Namun saat ini, ketika seseorang menggunakan kata fundamentalis dapat dipastikan bahwa dia juga berfikir bahwa Muslim adalah teroris. Jadi, “fundamentalis” adalah julukan yang berbeda untuk seseorang yang melakukan tindakan yang sama, seperti julukan untuk “Teroris” dan “Pahlawan/Patriot” .

Kesimpulannya, sebelum seseorang menilai dan melabeli orang lain, dia harus mendengar dan memahami secara ilmiah dan adil terlebih dahulu. Argumentasi dari kedua sisi harus didengarkan, selain itu, situasi yang mendukung perbuatan itu harus dianalisis serta alasan dan tujuan dari seseorang tersebut harus dipertimbangkan dan baru orang tersebut dapat dinilai dan dilabeli secara tepat, seagaimana firman Allah,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَمَآ اَرْسَلْنَا قَبْلَكَ اِلَّا رِجَالًا نُّوْحِيْٓ اِلَيْهِمْ

فَسْـَٔلُوْٓا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

Dan Kami tidak mengutus (rasul-rasul) sebelum engkau (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah kepada orang yang berilmu, jika kamu tidak mengetahui (QS. Al-Anbiya’, ayat 7; QS. An-Nahl, ayat 43).

Agama Islam adalah agama yang berarti “salam” atau damai. Agama ini adalah agama kedamaian yang memiliki ajaran-ajaran fundamental bagi pengikutnya untuk melaksanakan ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh dan sempurna) dan menyebarkan ke seluruh dunia. Setiap Muslim wajib menjadi seorang fundamentalis; dia harus mengikuti ajaran-ajaran dasar agama Islam. Ia wajib untuk menjadi ‘teroris’ hanya kepada kelompok pengganggu ketertiban umum demi tercapainya kedamaian dan keadilan dunia.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                                —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *