Jusuf Kalla Diundang Jadi Pembicara Perdamaian di Belgia

Momen JK di Qatar tahun 2021. (Dok. Istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Wapres ke-10 dan ke-12 RI, yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Jusuf Kalla (JK) diundang jadi pembicara perdamaian di Brussels, Belgia. JK diminta untuk memaparkan prinsip-prinsip Islam dalam penciptaan perdamaian.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Rabu (18/10/2023), undangan itu dari Folke Bernadotte Academy lembaga yang bergerak di bidang perdamaian di Swedia. JK menjadi salah satu pembicara di The Fifth EU Community of Practice on Peace Mediation (EU CoP).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kegiatan ini sendiri digelar oleh The European External Action Service-Peace, Partnerships and Crisis Management Directorate (PCM) Brussels Belgia. Mereka merupakan salah satu organisasi yang bernaung di bawah Uni Europa.

Para juru damai ini akan berbagi pengalaman yang dijadwalkan berlangsung 18-19 Oktober 2023 Brussels, Belgia. JK sendiri diagendakan menjadi panelis pembuka dan berbicara pada sesi pertama.

JK akan jadi pembicara pada pukul 10.30-11.30 waktu Brussels atau Rabu sore waktu Indonesia. Rencana pertemuan para juru damai ini akan disiarkan pula secara live streaming oleh penyelenggara kegiatan tersebut.

JK diundang karena dianggap memiliki peran besar dalam perdamaian di Tanah Air yang melibatkan agama antara lain konflik Poso dan Ambon, perdamaian antara GAM dan pemerintah RI, perdamaian Afganistan dan kelompok Taliban, serta memiliki kontak dengan pihak Palestina dan Israel.

Selain JK, pembicara yang hadir antara lain Duta Besar Sergio Jaramillo Caro, Mantan Komisaris Tinggi Perdamaian Presiden Kolombia yang sekarang Penasihat Senior, Institut Perdamaian Eropa, Agau Bul Deng, seorang praktisi pembangunan perdamaian dari Sudan Selatan, saat ini tergabung dalam ACCORD yang berbasis di Afrika Selatan.

Ada pula Direktur Pelaksana Perdamaian, Keamanan dan Pertahanan, di Layanan Aksi Eksternal Eropa, Benedikta von Seherr-Thoss. Kemudian, Kepala Layanan Instrumen Kebijakan Luar Negeri Komisi Eropa, Dr Peter Wagner. Pemenang Hadiah Nobel bidang perdamaian, Martti Ahtisaari dari Criris Management Initiative Finlandia, sedianya diundang pula sebagai pembicara, namun Martti, dikabarkan meninggal dunia hari Ahad (15/10) atau tiga hari sebelum acara digelar.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *