Hikmah Malam: Adab-adab Saat Dirundung Kesulitan Dalam Hidup 

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Seberat apapun masalahnya, kalau benar cara menghadapinya, masalah akan lebih mudah diselesaikan sekaligus mendewasakan. Namun, seringan apapun masalahnya, kalau salah cara menyikapinya, dia akan menjadi rumit dan berat.

Maka, dalam menghadapi masalah hidup ada aturan atau adab-adabnya sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Apa sajakah itu?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Meyakini bahwa semua yang terjadi (baik atau buruk) adalah takdir Allah dan terjadi atas kehendak dan kesempurnaan ilmu-Nya.

2. Meyakini bahwa diri, harta, keluarga, dan apapun yang melekat pada diri kita, semua adalah titipan Allah yang sewaktu-waktu akan diambil pemilik-Nya.

3. Tidak larut dalam kesedihan sehingga jatuh pada keputusasaan.

4. Berusaha sabar dan tabah menghadapi ujian. Ingatlah selalu kalau badai pasti berlalu.

5. Memperbanyak istighfar dan tobat kepada Allah. Karena boleh jadi, musibah itu datang karena sebab dosa-dosa yang kita lakukan.

6. Meyakini bahwa Allah akan memberi ganti terbaik atas apa yang hilang, atau memberi pahala berlipat atas kesabaran yang kita lakukan.

7. Tidak menceritakan musibah kepada banyak orang. Kalau mau bercerita, kabarkanlah kepada orang dekat saja atau mereka yang kita percaya.

8. Saat musibah datang, lafalkanlah doa: qaddarullâhu wa mâ syâ’a fa’ala (Allah telah menakdirkan dan apa yang Dia kehendaki pasti Dia lakukan). (HR Muslim)

Sumber: Team Tasdiqul Quran

Semoga informasi ini bermanfaat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *