8 Amalan Sederhana yang Akan Menyelamatkan Manusia di Hari Kiamat

Amalan Sederhana penyelamat Manusia di Hari Kiamat
Membaca Al Quran
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Fitnah dajjal adalah sangat membahayakan. Tapi itu semua tidak ada apa-apanya jika Allah yg melindungi kita. Maka menghafal 10 ayat pertama surah Al-Kahfi menjadi kebutuhan kita untuk mempermudah membacanya di semua waktu.

  1. Memperbanyak Istighfar

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- مَنْ لَزِمَ الاِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Ibnu Abbas bahwa ia berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan selalu memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kelapangan dari segala kegundahan serta Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak ia sangka-sangka” (HR Ibnu Majah 3951, hasan sahih).

Begitu besarnya keutamaan mmbaca istighfar bahkan dalam Al-Qur’an pun disebutkan banyak keutamaannya.

  1. Iman Sebesar Biji Sawi

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « يَخْرُجُ مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَفِى قَلْبِهِ وَزْنُ شَعِيرَةٍ مِنْ خَيْرٍ ، وَيَخْرُجُ مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَفِى قَلْبِهِ وَزْنُ بُرَّةٍ مِنْ خَيْرٍ ، وَيَخْرُجُ مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَفِى قَلْبِهِ وَزْنُ ذَرَّةٍ مِنْ خَيْرٍ

Dari Anas, Nabi bersabda: “Akan dikeluarkan dari neraka siapa yang mengatakan tidak ada Tuhan kecuali Allah dan dalam hatinya ada kebaikan sebesar gandum. Dan akan dikeluarkan dari neraka siapa yang mengatakan tidak ada Tuhan kecuali Allah dan dalam hatinya ada kebaikan sebesar biji jagung. Dan akan dikeluarkan dari neraka siapa yang mengatakan tidak ada tuhan kecuali Allah dan dalam hatinya ada kebaikan sebesar biji sawi” (HR Bukhari 44, hadis sahih).

Orang yang memiliki iman pasti masuk surga. Hanya saja jika kecil iman itu ditambah lagi maksiat yang belum sempat bertaubat atasnya menyebabkan pelakunya harus dihukum dulu di neraka.

  1. Membaca Shalawat

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يَقُولُ إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Dari Abdullah bin Amru bin al-Ash bahwa dia mendengar Nabi saw. bersabda: “Apabila kalian mendengar muazin maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muazin, kemudian bersalawatlah untukku, karena seseorang yang bersalawat untukku dengan satu salawat, niscaya Allah akan bersalawat atasnya sepuluh kali. Mohonlah kepada Allah wasilah untukku, karena wasilah adalah kedudukan yang tinggi di surga, tidaklah layak tempat tersebut kecuali untuk seorang hamba dari hamba-hamba Allah, dan aku berharap aku hamba tersebut. Dan barangsiapa memintakan wasilah untukku, maka syafaat halal untuknya” (HR. Muslim 577).

  1. Membaca Zikir Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil ‘Adzim

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رَضِىَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ ، خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi saw. bersabda: “Ada dua kalimat yang disukai Ar-Rahman, ringan di lisan dan berat di timbangan, yaitu “Subhaanallaah Wabihamdihii Subhanallaahil ‘Azhiim” (HR Bukhari 7563, adis sahih)

Kalimat yang ringan ini perlu jadi wirid harian kita untuk memperberat amal saleh kita. Wallahua’lam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *