Tensi Jokowi-Megawati Meninggi?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Tensi keretakan hubungan PresidenJoko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diprediksi akan memuncak, pekan ini, bila Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon wakil presiden. Seluruh partai di Koalisi Indonesia Maju sepakat mengusung Wali Kota Surakarta itu mendampingi Prabowo Subianto. Deklarasi akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), hari ini.

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia (PPI), Ras M.D menyatakan eskalasi politik Nasional berubah drastis setelah Partai Golkar dan Koalisi Indonesia Maju memberi mandat kepada Gibran Rakabuming sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Situasi itu, kata dia, akan sangat terasa di kubu Megawati Soekarnoputri bersama internal PDI Perjuangan dan pendukung Jokowi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saling serang antar-pendukung Jokowi dan PDIP dipastikan akan terjadi. Narasi yang ramai saat ini, Jokowi adalah pengkhianat PDI Perjuangan,” kata Ras kepada Harian Rakyat Sulsel, Ahad (22/10/2023).

Ras mengatakan, keretakan hubungan Jokowi dan PDIP tak akan dapat dihindari, bahkan cenderung akan meluas. Menurut dia, kabinet Jokowi akan mengalami kegaduhan hingga akhir masa jabatan pada Oktober 2024.

Ras berpandapangan, apa bila Prabowo resmi menggandeng Gibran sebagai pasangan, maka Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menuju hattrick kekalahan. “Terlepas dari konflik yang terjadi antara Jokowi dan PDIP,” kata dia.

Ras mengatakan, elektorat Prabowo terancam tergerus apabila menggandeng Gibran. Alasannya, banyak pemilih Prabowo tak setuju bila berduet dengan anak sulung Jokowi tersebut. Imbasnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang akan mendapat efek elektorat.

“Pemilih yang tak puas atau tidak setuju, secara otomatis akan bermigrasi ke pasangan Anies-Imin. Sangat kecil yang berpindah ke pasangan Ganjar-Mahfud. Artinya, elektabilitas Prabowo akan mengalami turbulensi, sedangkan elektabilitas AMIN akan membaik,” ujar Ras.

Ras mengatakan, berdasarkan temuan survei Nasional terbaru dari Parameter Publik Indonesia menyatakan, bila Prabowo berpasangan dengan Gibran, maka yang akan masuk pada putaran kedua adalah Ganjar vs Anies.

“Pada akhirnya, kedaulatan rakyat tak bisa dikalahkan dengan penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power. Publik makin cerdas, makin mudah memahami pilihan yang pantas dan tak pantas,” ujar Ras.

Pengamat antropologi politik dari Universitas Hasanuddin Tasrifin Tahara menilai, meskipun ada keretakan Jokowi-Megawati, justru akan membangun soliditas antar-kader. Meski begitu, polarisasi kader sekaligus menjadi pendukung Jokowi tak dapat dihindari bila Gibran jadi maju mendampingi Prabowo.

“Kesiapan tim di level pemenangan daerah saya kira sudah siap meskipun ada kontestasi di lapangan antara pendukung Ganjar dan Gibran,” ujar dia.

Ketua Bidang KehormatanPDIP Sulawesi Selatan Andi Ansari Mangkona menepis retaknya hubungan Jokowi dan Megawati. Menurut dia, kedua orang tersebut tetap menjaga hubungan baik hingga saat ini.

“Tidak ada itu, tidak benar. Sampai saat ini hubungan mereka baik-baik saja. Komunikasi tetap terjalin,” kata Ansyari.

Ansyari mengatakan, kader PDIP tetap solid menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024. Yang perlu dijaga, kata dia, adalah keutuhan bangsa Indonesia serta kesejahteraan masyarakat terpenuhi.

“Jadi, tidak ada itu (konflik Jokowi dan Megawati). Kami kaderPDIP dari pusat hingga daerah tetap solid. Kondisi saat sekarang bagaimana kebutuhan masyarakat terpenuhi sehingga kader PDIP harus hadir,” imbuh dia.

Ansyari mengatakan, pengurus dan kader PDIP di daerah ini fokus untuk memenangkan Ganjar-Mahfud sesuai perintah DPP. Dia menilai, pasangan ini diharapkan melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan oleh Jokowi. Di Sulsel, tim dari partai pengusung, relawan, dan jaringan sayap sudah terbentuk dan segera masif bekerja.

“Mereka tinggal bekerja menyampaikan ke masyarakat, bahwa inilah calon presiden dan calon wakil presiden yang akan menjalankan amanah sesuai harapan masyarakat,” ujar dia.

Adapun, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berharap dirinya bersama partai koalisi dan tim relawan akan memberikan kontribusi dalam pemenangan Ganjar-Mahfud di Sulsel. Danny mengajak seluruh relawan yang telah terbentuk lebih awal untuk bergerak cepat menangkal fitnah kepada Ganjar-Mahfud.

“Kami minta relawan melakukan gerakan door to door untuk memberi kontribusi pemenangan Ganjar-Mahfud nantinya,” ujar Danny.

Sebelumnya, pada acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar, akhir pekan lalu, resmi merekomendasikan Gibran Rakabuming untuk maju sebagai bakal calon presiden untuk Prabowo Subianto. Sekretaris Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng mengatakan, sebagai kader yang loyal ke partai pihaknya mengikuti keputusan DPP dalam mengusung capres dan cawapres.

“Itu keharusan kader bekerja memberi kemenangan pasangan calon,” kata Marzuki.

Direktur Profetik Institute Asratillah berpandangan bahwa Golkar hanya menjadi bagian dari pengikut, bukan penentu. “Secara sekilas Golkar memang tampak hanya sebagai pihak yang tak begitu signifikan posisinya sebagai partai pengusung Prabowo Subianto,” ujar dia.

Menurut Asratillah, Golkar tidak berhasil mendorong kader tulen sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto. Itu sebabnya, dia menilai, hal itu menjadi preseden buruk bagi Golkar karena akan berimplikasi pada kultur kaderisasi yang tidak begitu sukses dalam menghasilkan calon negarawan yang menempati posisi pucuk kepemimpinan nasional.

Dia mengatakan, Rakernas Golkar yang merekomendasikan Gibran sebagai Ketua AMPI, menunjukkan bahwa posisi elit di Golkar bisa diambil alih oleh pihak luar yang sebelumnya tidak berdarah-darah menapaki jenjang kepemimpinan dan kaderisasi di Partai Golkar.

“Tapi publik juga bisa menafsir usungan Golkar ke Gibran, sebagai salah satu upaya menyelamatkan posisi Golkar di perolehan kursi parlemen nanti. Cuma kita belum bisa mengukur, sampai sejauh mana cocktail effect kehadiran Gibran bagi Golkar, karena publik paham bahwa Gibran adalah kader PDIP yang di-Golkar-kan,” imbuh Asratillah.

Sementara itu, Barisan Muda Sulawesi Selatan mendeklarasikan paket Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketua Relawan Milenial Prabowo-Gibran Makassar, Takbir Ratul Ihram mengatakan deklarasi tersebut dihadiri relawan milenial Gibran Kota Makassar dan daerah lain. Hadir juga relawan Prabowo-Gibran Provinsi Sulsel.

“Relawan milenial ini jangan dimaknai sebagai relawan yang hanya terdiri dari orang muda, namun lebih pada jiwa dan semangat milenial yang memiliki pikiran terbuka dan berjiwa inklusif sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman,” ujar Takbir.

Takbir menegaskan Gibran merupakan figur pemimpin muda yang sangat cerdas dan pemimpin daerah yang telah menunjukkan prestasi kepemimpinannya.

“Gibran adalah representasi kaum muda milenial yang kreatif dan paham jiwa dan karakter kaum milenial yang saat ini jumlah pemilih milenial menempati posisi terbanyak dalam jumlah pemilih,” imbuh dia.

“Kami sangat percaya, warga Makassar dan Sulsel sepaham dengan harapan kami untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri, berdiri di atas kaki sendiri serta menjadi negara maju yang bermartabat dan dihormati masyarakat internasional,” sambung Takbir.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *