Kultum 248: Pandangan Qur’ani terhadap Laki-laki dan Wanita

Pandangan Qur’ani terhadap Laki-laki dan Wanita
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Di jaman yang kurang ramah terhadap wanita, terutama wanita Muslimah, sekarang ini status dan hak-hak perempuan dalam masyarakat sering kali menjadi sorotan. Tradisi panjang ribuan tahun yang sudah mengakar di masyarakat, menjadikan Islam saat ini dituduh tidak adil dalam memperlakukan wanita. Akibatnya, umat Islam dihadapkan pada tantangan untuk bagaimana tetap teguh pada iman mereka sambil menanggapi kritik-kritik yang kurang enak.

Adapun faktor yang terpenting dalam menghadapi tantangan ini adalah perlunya pemahaman yang benar tentang cara Islam memandang wanita. Untuk sampai pada pikiran demikian, kita bisa kembali ke sumber dasar hukum Islam, yaitu Al-Qur’an. Berikut ini ada beberapa ajaran yang penting dalam Al-Qur’an tentang pria dan wanita.

Pertama, pria dan wanita sama-sama sebagai manusia. Hal ini kita pahami berdasarkan firman Alllah Subhanahu wata’ala,

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ

وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ

لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ

اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya:

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti (QS. Al-Hujurat, ayat 13).

Kedua, pria dan wanita sama-sama bisa memenuhi syarat untuk selamat dari neraka dan berhak mendapatkan surga yang dijanjikan Allah. Allah berfirman,

وَعَدَ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ جَنّٰتٍ

تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا

وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗوَرِضْوَانٌ

مِّنَ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ࣖ

Artinya:

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn, dan keridaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung (QS. At-Taubah, ayat 72).

Jadi, dalam hal menjanjikan balasan berupa neraka atau surga, Allah tidak membedakan atara pria dan wanita. Bahkan dalam hal pahala, pria dan wanita sama-sama berhak untuk mendapatkan ganjaran atau pahala dari apa yang dilakukan. Dalam hal ini Allah berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki atau perempuan, dalam keadaan beriman, maka Kami pasti akan memberinya kehidupan yang baik, dan Kami pasti akan memberi mereka balasan mereka di akhirat nanti, sesuai dengan yang terbaik dari apa yang mereka kerjakan” (QS. An-Nahl, ayat 97).

Kehidupan wanita dan laki-laki sama-sama tidak dapat diganggu gugat dan berhak untuk menjalani hidupnya yang layak, Sebagaimana friman Allah, “Dan ketika bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, untuk dosa apa dia dibunuh” (QS. Takwir, ayat 8 – 9). Mereka sama-sama mampu mempromosikan kebaikan, sebagaimana firman Allah, “Laki-laki yang beriman dan perempuan yang beriman adalah sekutu satu sama lain. Mereka menyuruh mengerjakan yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat , dan mentaati Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah yang Allah kasih kepada mereka, sesungguhnya Allah Maha Perkasa dan Maha Bijaksana” (QS. AT-Taubah, aya 71).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *