Hikmah Siang: Untukmu Pemburu Surga

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Siapa yang tak ingin masuk surga? Semua kita pasti menginginkannya. Namun cobalah renungkan ayat ini:

📖 Allah Ta’ala berfirman :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

“Apakah kalian mengira akan masuk surga sementara Allah belum mengetahui siapa yang bersungguh sungguh diantara kalian dan siapa yang bersabar.” (Ali Imron:142)

Sebuah renungan untuk kita bersama. Sejauh apakah kesungguhan kita untuk mencari surga. Karena surga dikelilingi oleh sesuatu yang berat untuk hawa nafsu. Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu bahwasanya

💎 Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

حُفَّتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ

“Surga itu diliputi perkara-perkara yang dibenci (oleh jiwa) dan neraka itu diliputi perkara-perkara yang disukai syahwat.”
📚 (HR. Muslim).

Menaati Allah dan menjauhi kemaksiatan amat tidak disukai oleh hawa nafsu dan syahwat. Maka Kita harus memberikan semua kesungguhan untuk dapat istiqomah di atas ketaatan. Untuk dapat istiqomah meninggalkan kemaksiatan sampai akhir hayat.

Ujian pasti menerpa setiap orang yang mengatakan, “Aku beriman.” Sebagaimana firmanNya :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ. وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

“Apakah manusia mengira akan dibiarkan untuk mengatakan, “Kami beriman.” Sementara mereka tidak diberikan ujian?” Sesungguhnya kami telah menguji orang orang sebelum mereka, maka Allah mengetahui siapa yang jujur keimanannya dan siapa yang dusta.”
📖 (QS. Al-Ankabut : 2-3)

Ujian berupa perintah dan larangan. Ujian juga dapat berupa kesusahan dan kesenangan. Dengan printah dan larangan akan terlihat siapa yang tunduk dan patuh dan siapa yang mengikuti hawa nafsunya. Dengan kesusahan akan terlihat siapa yang bersabar dan siapa yang tidak. Dan dengan kesenangan akan terlihat siapa yang bersyukur dan siapa yang kufur.

📖 Ya Allah berikanlah kami kekuatan untuk senantiasa istiqomah di jalanMu dan mudahkan kami untuk menaati perintahMu dan menjauhi segala laranganMu.

📝 Ustadz Badrusalam

🌐 Kajian Islam

✒️ Editor : Admin AsySyamil.com

♻️ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.
Jazakumullahu khoiron.

•┈•◎❅❀❦❖🌷❖❦❀❅◎•┈•
📮 MUTIARA NASEHAT MUSLIMAH
🌐 t.me/Mutiara_NasehatMuslimah
📬 https://t.me/MutiaraFaedah
🗳  bit.ly/Asy-SyamilcomDonasi
🛰 App : bit.ly/AsySyamilApp
📱 Admin : 082369896570

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *