Jokowi Bakal Lengser, Bagaimana Nasib Perkembangan IKN?

Nasib Perkembangan IKN
Perkembangan IKN
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“IKN akan dibangun fasilitas kelas dunia, termasuk fasilitas layanan kesehatan. Ini betul-betul mimpi, ke kemajuan yang dimulai dari nol,” lanjut Ganjar.

Berbeda dengan Ganjar, capres lainnya Anies Baswedan justru masih ‘abu-abu’ antara meneruskan atau tidak dalam pembangunan proyek IKN Nusantara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mantan gubernur DKI Jakarta ini justru menekankan kelanjutan atau tidaknya proyek IKN Nusantara jangan dilandaskan pada selera pemangku kebijakan.

“Ini bukan selera saya akan teruskan atau tidak, justru harus libatkan semua,” kata Anies beberapa waktu lalu.

Oleh karenanya, kata Anies, proyek IKN Nusantara harus dikaji lebih dalam dan matang, termasuk mempetimbangkan proyek itu dari sisi pandangan ilmu pengetahuan, data, dan fakta di lapangan.

Apabila setelah dikaji hasilnya naik, kata Anies, maka proyek IKN Nusantara bisa saja dilanjutkan. Lain halnya jika hasilnya kurang baik, maka tidak perlu dilanjutkan atau teruskan.

“Kalau itu dipandang sebagai sesuatu yang objektif dan assesment-nya itu baik, let’s proceed. Tapi kalau tidak jangan,” ujar Anies.

Bahkan, Anies yang berpasangan dengan calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ini, tak sama sekali menyinggung soal pembangunan IKN dalam visi misinya yang serahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam visi bertajuk ‘Indonesia Adil Makmur untuk Semua’ serta misi ‘8 Jalan Perubahan’ yang diusung, pasangan Anies dan Cak Imin tak membahas ihwal IKN. Mereka hanya memaparkan target ekonomi khusus di daerah Kalimantan. Tapi, tidak spesifik menyebut soal pembangunan IKN.

“Menjadikan Kalimantan lumbung energi terbarukan melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, pemanfaatan sawit untuk PLTBm (biomassa), pengembangan PLTS, dan program,” demikian bunyi program Anies dan Cak Imin soal Kalimantan, dikutip Kamis, 26 Oktober 2023. (*)

Sumber: infobank