Lakukan Ini Agar Tubuh Bisa Bergerak Pasca Stroke, dr. Zaidul Akbar: Peran Keluarga Sangat Diperlukan

Agar Tubuh Bisa Bergerak Pasca Stroke
dr Zaidul Akbar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Diperlukan perawatan khusus  pasca stroke.

Pakar kesehatan dan pendakwah dr Zaidul Akbar mengungkap rahasia kesembuhan pasca stroke.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat jemaah pertama kali bertanya kepada dr. Zaidul Akbar dalam sebuah kajian, dia bertanya apa yang harus dilakukan pasca stroke.

“Dok, pasca stroke agar bisa digerakkan dan bicara normal lagi, sarannya apa?,” kata seorang jamaah bertanya.

Stroke merupakan suatu penyakit yang dimana mengganggu atau terhentinya aliran darah ke otak sehingga menyebabkan pembuluh darah tersumbat (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Stroke menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia dan menjadi nomor satu penyebab kematian yang sering terjadi di Indonesia.

Dikutip dari laman Hermina Hospital, stroke menyebabkan kekurangan oksigen dan nutrisi di area tertentu di otak sehingga menyebabkan kematian sel-sel otak.

Beberapa orang bisa saja dapat pulih dengan sendirinya setelah terkena stroke, namun ada pula yang memerlukan perawatan jangka panjang untuk membantu proses pemulihannya.

Kerusakan otak yang diakibatkan oleh stroke memerlukan perawatan jangka panjang untuk membantu penderitanya benar-benar pulih.

Pasca stroke sebaiknya dilakukan oleh tim rehabilitasi yang terdiri dari dokter rehabilitasi, fisioterapis, okupasi terapis dan psikolog.

Proses rehabilitasi tersebut tergantung pada gejala dan tingkat keparahan kondisi pasien.

Dalam perawatannya, penting sekali seseorang yang sebelumnya menderita stroke melakukan pemulihan baik dari pemulihan fisik, fungsi kognitif, psikologis, menjagapola makan dan masih banyak lagi.

Selama masa pemulihan, pola makan hingga peran keluarga sangat diperlukan dalam hal ini.

Hal tersebut disampaikan dr Zaidul Akbar dalam ceramahnya yang diunggah di kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official, Senin (23/10/2023).

Menjawab pertanyaan di atas, dr Zaidul Akbar menganjurkan sebaiknya konsumsi makanan atau minuman pengencer darah bagi yang pernah terkena stroke.

Selanjutnya konsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, rumput laut hingga minyak zaitun.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *