Agar Tak Asal Nebak, Kesemutan Seperti Ini merupakan Pertanda Serangan Stroke

Kesemutan Pertanda Serangan Stroke
Kesemutan tangan carpal tunnel syndrome
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Stroke seringkali dianggap sebagai ancaman yang mengerikan. Sebab, stroke terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. Ada pula gejala yang pada beberapa kasus tidak dikenali sebagai gejala stroke sehingga pengobatan yang tepat tidak dapat diberikan sesegera mungkin.

Anda sering mendengar bahwa salah satu gejala stroke adalah rasa mual. Namun perlu Anda ketahui bahwa kesemutan akibat stroke sebenarnya berbeda dengan kesemutan pada umumnya. Pada dasarnya, kesemutan akibat stroke biasanya terjadi pada salah satu sisi tubuh, baik sisi kanan maupun kiri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“(Contoh kasus) saya kesemutan cuman tangan doang. Itu bukan stroke. Tapi kalau sampai satu sisi kiri atau kanan saja, itu kemungkinan besar stroke,” jelas dokter spesialis neurologi dr Sigit Dewanto H, SpN, FINS, FINA saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut dr Sigit juga menegaskan, gejala stroke memang selalu timbul mendadak. Karena itulah, penanganan tepat untuk pasien stroke dalam periode emas (golden period) sangat penting untuk meminimalkan risiko kecacatan permanen akibat stroke.

“Memang stroke itu selalu tiba-tiba. Jadi kalau ada gejala sebelumnya, mungkin bukan stroke justru, itu yang lain. Karena biasanya tumor otak, itu timbul pelan-pelan ada gejala dulu baru masalah. Tapi kalau stroke, dia suddenly atau tiba-tiba selalu,” pungkas dr Sigit.

Selain kesemutan, beberapa gejala yang timbul akibat stroke di antaranya kesulitan berjalan atau muncul gangguan keseimbangan, kesulitan berbicara (berbicara pelo), serta pusing berputar seperti vertigo.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar