Kultum 252: Deskripsi Tuhan dalam Al-Qur’an dan Kitab Suci Lain 

Deskripsi Tuhan dalam Al-Qur’an
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Akan tetapi di sisi lain, dalam Al-Qur’an Tuhan digambarkan sedemikian rupa sehingga seseorang menyadari bahwa Dia layak disembah. Seseorang merasa bersyukur kepada-Nya dan berharap kepada-Nya. Tuhan benar-benar menjadi kekasih bagi setiap individu karena manusia lebih memahami-Nya melalui Al-Qur’an. Jadi, berbagai bagian dalam Al-Qur’an yang menggambarkan Tuhan patut diperhatikan. Untuk pendapatnya ini Zarabozo menutip firman Allah,

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ عَالِمُ الْغَيْبِ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَالشَّهَادَةِۚ هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ

الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ

الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ

عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ

الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى

السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Artinya:

Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan, Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana (QS. Al-Hasyr, ayat 22 – 24).

Tiga ayat dari surah Al-Hasyr ini sudah cukup, bahkan lebih dari cukup untuk membedakan antara “gambaran Tuhan” dalam kitab suci agama-agama non-Islam dengan agama Islam. Jelasnya, kitab suci manapun dari agama apapun yang mengklaim bahwa (a) Tuhan itu tidak sempurna, dan (b) tidak cukup atau kurang dalam hal pengetahuan, maka hal ini bukan saja berbeda tapibertentangan dengan gambaran tentang Tuhan dalam kitab suci agama Islam (Al-Qur’an).

Di dalam Al-Qur’an sebagai kitab suci agama Islam, surat AL-Hasyr ayat 22 sampai 24, Tuhan Allah digambarkan sebagai (a) Tidak ada duanya, apalagi tiganya, tidak ada Tuhan selain Dia, (b) Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, (c) Maha Pengasih dan Maha Penyayang, (d) Dia Yang Maharaja, Mahasuci, dan Mahasejahtera, (e) Menjaga Keamanan, (f) Pemelihara Keselamatan, (g) Mahaperkasa, (h) Mahakuasa, (i) Memiliki Segala Keagungan, (j) Maha Menciptakan, Mengadakan, dan Membentuk Rupa, (k) Memiliki nama-nama yang indah, (l) Segala yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya, dan (m) Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana. Wallahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pelajaran bagi kita untuk bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berIslam dan beriman. Kalau sekiranya kultum bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idiris Adh.                                               —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *