9 Obat Bantu Tidur Alami yang Dijamin Istirahat Maksimal

Obat Tidur Alami
Teh chamomile
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Obat tidur dalam bentuk tablet seringkali menjadi obat cepat bagi orang yang sering menderita insomnia.. Namun, terlalu sering meminum obat tidur juga berbahaya bagi kesehatan Anda.

Alternatifnya, Anda bisa mencoba obat tidur alami berikut ini.. Cara ini sepertinya lebih aman  dibandingkan mengonsumsi obat tidur..

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Insomnia merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada masyarakat modern. Tanpa disadari, insomnia bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan..

Banyak hal yang menyebabkan insomnia.. Stres dan pikiran yang terpendam seringkali menjadi penyebab  masalah tidur..

Obat tidur alami

Alih-alih menggunakan obat medis, Anda bisa menggunakan cara alami mengatasi insomnia berikut ini.

  1. Minum susu hangat

Dokter spesialis tidur Charlene Gamaldo menyarankan Anda untuk mencoba segelas susu hangat sebelum tidur. Segelas susu hangat barang kali bisa jadi salah satu obat tidur alami pilihan Anda.

“Meski tak banyak bukti ilmiah [yang menunjukkan] bahwa minuman malam hari ini berhasil meningkatkan kualitas tidur, tapi tak ada salahnya jika mau mencoba,” ujar Gamaldo, menukil laman Johns Hopkins Medicine.

Segelas susu hangat, lanjut Gamaldo, telah lama diyakini mengandung bahan kimia yang mensimulasikan efek triptofan pada otak.

“Ini adalah bahan kimia penyusun zat serotonin, yang terlibat dalam transisi tidur-bangun,” ujar Gamaldo.

  1. Teh chamomile

Chamomile tea with dry and fresh chamomile

Selain susu hangat, Anda juga bisa jadikan secangkir teh chamomile sebagai solusi sulit tidur.

Gamaldo mengatakan bahwa teh satu ini diyakini mengandung flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor benzodiazepin di otak yang terlibat dalam transisi tidur-bangun.

Tak seperti jenis teh pada umumnya, chamomile tak mengandung kafein.

  1. Jus ceri

Selain susu hangat dan chamomile, Gamaldo juga merekomendasikan jus ceri sebagai pilihan minuman sebelum tidur.

Ceri sendiri diketahui punya kemampuan dalam memproduksi melatonin yang mendukung siklus tidur sehat.

  1. Suplemen melatonin

Melatonin adalah hormon yang dilepaskan secara alami di otak pada empat jam sebelum rasa kantuk muncul. Hormon ini-lah yang bisa membantu seseorang untuk tidur dengan cepat.

Namun, Gamaldo menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen melatonin dengan merek yang sama. Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika diperlukan.

“Tetap berpegang pada satu mereka dan jangan membelinya secara online dari sumber yang tidak dikethaui,” ujar Gamaldo memperingatkan.

  1. Suhu dingin dan minim cahaya

Kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang.

Upayakan agar suhu kamar berada di sekitar 18-22 derajat Celcius. Kenakan juga baju tidur yang nyaman, serta seprai berbahan katun.

Selain itu, pastikan juga ruangan terbebas dari cahaya apa pun. Gamaldo bahkan menyarankan Anda untuk menggunakan senter saat ingin ke kamar mandi di tengah waktu tidur.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *