Ini Manfaat dan Bahaya Makan Telur Setengah Matang, Apa Sajakah??

Bahaya Makan Telur Setengah Matang
Telur Setengah Matang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Telur setengah matang merupakan salah satu makanan olahan  yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Biasanya telur setengah matang dimakan dengan mie rebus. Hal serupa juga dilakukan pengguna TikTok @andifendi_ pada Rabu (25 Oktober 2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam video tersebut,  ia terlihat memecahkan telur setengah matang ke dalam semangkuk mie rebus dan mendapat beragam komentar dari netizen.

Ada yang bilang makan telur setengah matang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.. Sebab, telur yang kurang matang bisa mengandung bakteri salmonella.

Hingga Minggu sore (29 Oktober 2023), unggahan tersebut telah dilihat  16,6 juta kali dan mendapat lebih dari 23.100 komentar dari netizen.

Lantas, benarkah mengonsumsi telur setengah matang berisiko karena mengandung bakteri salmonella?

Penjelasan ahli gizi

Ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo mengatakan, telur adalah makanan yang mendekati sempurna dan lengkap setelah air susu ibu (ASI).

Hal ini berlaku bila telur tersebut dikonsumsi dalam kondisi sudah matang. Sehingga proteinnya dapat dimetabolisme secara sempurna oleh tubuh dan menyehatkan.

Namun masyarakat bisa berbeda-beda dalam cara mengonsumsi telur. Ada yang dikonsumsi mentah, diolah setengah matang atau matang sepenuhnya.

Toto menyebutkan, secara teoritis putih telur berfungsi melindungi bakal buah, yaitu kuning telur.

Apabila telur kotor, maka ada beberapa mikroorganisme yang bisa masuk ke dalam telur dan tinggal di putih telur, salah satunya salmonella.

Kendati demikian, menurutnya salmonella tidak bisa menembus hingga kuning telur. Jadi, konsumsi telur setengah matang masih aman, asalkan kuning telur sudah memiliki tekstur lembut.

“Jadi sebaiknya untuk konsumsi telur sebaiknya mulai dari setengah matang, karena putih telor telah matang dan mudah dicerna, salmonella mati, dan proteinnya mudah dicerna,” kata Toto kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Risiko bahaya telur setengah matang

telur setengah matang

Di sisi lain, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan membenarkan bahwa di dalam telur ayam mentah terdapat bakteri salmonella, yang apabila dikonsumsi dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Sehingga menurut Ali, telur setengah matang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak, orang lanjut usia (lansia), dan beberapa orang-orang dengan gangguan imunitas.

Telur setengah matang atau mentah ada risiko kontaminasi salmonella, yang antara lain bisa menyebabkan tipus,” ujarnya terpisah, Minggu.

Sedangkan terkait kandungan gizinya, Ali menyebutkan, telur mempunyai ikatan protein yang kuat.

Hal ini pada akhirnya membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih berat. Bahkan, kondisi ini terkadang dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

“Dalam kondisi ini, akhirnya kita beranggapan bahwa konsumsi telur seperti itu bisa membuat badan bertenaga,” imbuhnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *