10 Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok Secara Alami

Membersihkan Paru-Paru Perokok
Paru-Paru Perokok
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Bagi orang yang baru berhenti merokok atau  sudah bertahun-tahun menghirup asap rokok atau sering terkena polutan, maka paru-paru perlu dibersihkan secara alami.

Mengapa?? Sebab, kesehatan paru-paru memegang peranan penting terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di bawah ini Anda akan menemukan berbagai metode dan teknik  membersihkan paru-paru perokok.

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Tindakan perawatan dan perubahan gaya hidup termasuk cara untuk membersihkan paru-paru secara alami.

Walaupun sejatinya, membersihkan paru-paru tidak bisa sepenuhnya menghilangkan kerusakan akibat merokok selama bertahun-tahun, tapi hal ini berguna untuk “detoksifikasi”.

Detoksifikasi merupakan cara untuk melindungi paru-paru dari kerusakan lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa cara detoksifikasi untuk membersihkan paru paru:

  1. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan dan Anti-inflamasi

Dilansir laman Tufts Medical Center, saluran udara yang meradang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa berat di dada, yang bahkan bisa menimbulkan sesak napas.

Dalam hal ini, mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan bisa membantu mengurangi peradangan di paru-paru, sekaligus membantu untuk membuat bernapas lebih mudah.

Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan sebagai upaya untuk membersihkan paru-paru:

  • Sayuran berdaun hijau
  • Bluberi
  • Ceri
  • Brokoli
  • Coklat hitam
  • Kunyit
  • Zaitun
  • Kacang dan lentil
  1. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur termasuk cara membersihkan paru-paru perokok. Olahraga seperti aerobik seperti bersepeda hingga berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru serta meningkatkan kadar oksigen.

Namun, apabila kamu memiliki riwayat penyakit paru-paru seperti COPD atau asma, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum memulai rutinitas olahraga baru ya!

  1. Lakukan Terapi Uap

Menghirup uap dari pancuran air panas atau panci berisi air mendidih akan membantu membuka saluran udara, sehingga bisa mengencerkan serta membersihkan lendir dari paru-paru.

Selain itu, menghirup uap juga berperan untuk meredakan sementara gejala sesak napas pada mereka yang mengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan penurun peradangan, yang juga bisa membantu melindungi jaringan paru-paru akibat dampak berbahaya dari menghirup asap.

  1. Jauhi Vaping

Sejatinya, ahli dan dokter masih mempelajari risiko jangka panjang dari rokok elektrik alias vape. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa vaping membuat paru-paru manusia kurang mampu membersihkan lendir, hingga hal itu bisa menyebabkan infeksi.

Dalam hal ini, satu-satunya hal yang harus kamu hirup ke dalam paru-paru adalah udara yang murni dan bersih, dan obat-obatan yang diresepkan. Selain itu, tidak ada hal lain yang aman.

  1. Hindari Polutan

Menghindari polutan di udara seperti asap, bahan kimia, debu, maupun virus bisa membantu menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru.

Untuk menghindari polutan bisa dilakukan dengan cara menghindari tempat-tempat yang berpolusi udara tinggi. Kalaupun harus berada di tempat tersebut, pastikan menggunakan masker untuk menyaring udara.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *