Dinilai Terbelah, PDIP Terbagi jadi 2 Kelompok

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — PDI Perjuangan (PDIP) dinilai terbelah menjadi dua kelompok. Kelompok itu yakni penjaga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan yang frontal melawan Jokowi.

Pembelahan itu diakibatkan langkah politik anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Gibran menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Isu ini tidak solid di PDIP, utamanya kelompok elite terkesan masih menjaga wibawa Jokowi, Puan (Maharani) misalnya,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah saat dihubungi Medcom.id, Ahad, 29 Oktober 2023.

Dedi mengatakan kelompok yang masih menjaga Jokowi, seperti Puan, menyadari jika cara menekan semacam itu bisa membuat Kepala Negara kian populis. Terlebih Jokowi andal lakukan citra politik sebagai korban.

“Itulah sebab PDIP bahkan tidak memecat Jokowi, karena tahu Jokowi pintar memutarbalikkan fakta,” ujar Dedi.

Kemudian, kelompok yang frontal mereka yang mulai menyebarkan narasi konfrontasi. Semisal, politikus Adian Napitupulu dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

“Sementara kelompok yang frontal adalah aktifis semacam Adian, karena Adian tentu lebih menyukai hal-hal konfrontatif,” ucap Dedi.

Sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Faldo Maldini, internal PDIP menyebut dalam kondisi bersitegang. Ada pihak yang tidak suka dengan keberadaan Jokowi dan sebaliknya.

“Makanya, elite yang satu beda pendapat sama yang lain. Kami melihat tanda-tandanya,” ujar Faldo saat dikonfirmasi, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Faldo menyebut isu permintaan jabatan tiga periode merupakan salah satu bentuk serangan dari pihak yang kontra dengan Jokowi. Ia menilai isu tersebut sudah basi tak relevan untuk diungkit kembali.

“Menurut saya, cerita tolak permintaan tiga periode bisa dikarang-karang,” ucap dia.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *