Anies Melangkah, Jokowi pun Pasrah

Anies Melangkah
Anies Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Isa Ansori, Kolumnis dan Akademisi, Tinggal di Surabaya

Hajinews.co.id – Pendaftaran pasangan Amin, Anies – Muhaimin, 19 Oktober 2023, menjadi titik krusial bahwa Anies tak lagi bisa dibendung langkahnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Semenjak dideklarasikan oleh Nasdem setahun yang lalu, Anies menghadapi berbagai tekanan agar dia gagal berlayar, bahkan partai pengusung seperti Nasdem, PKS mendapatkan intimidasi yang tak henti – henti. Tekanan internal yang dilakukan Demokrat agar menjadikan AHY sebagai cawapresnya menjadi prahara pecahnya partai koalisi perubahan. Anies dipasangkan dengan Muhaimin dan Demokrat pun meninggalkan koalisi.

Bergabungnya PKB dalam koalisi perubahan dan menempatkan Muhaimin sebagai cawapres, merubah seluruh konstelasi perpolitikan tanah air. Eskalasi tekanan sudah tak lagi hanya ditujukan pada Anies dan Nasdem serta PKS, tapi juga ditujukan kepada PKB dan Muhaimin. Inilah yang kemudian membuat para lawan politik harus membagi serangan, nampaknya sasaran serangan yang semakin lebar, membuat para lawan politik harus membuka ruang baru dan strategi lain, apalagi di antara lawan politik, “all Jokowi mens” juga sedang berseteru. Setidaknya energi mereka harus berbagi, saling berseteru diantara mereka sendiri dan pilihan menghadapi pasangan Amin.

Serangan serangan tak lagi diarahkan langsung ke pasangan Amin dan partai pengusungnya, tapi kini diarahkan pada lumbung lumbung suara yang berpotensi mendukung pasangan Amin. Tentu dengan berbagai cara, mulai dengan politik uang atau dengan cara memfitnah pasangan Amin. Sebagaimana yang terjadi di Jatim sebagaimana yang ditulis oleh freedom news.

Salah satu kandidat dengan memanfaatkan “kyai” gadungan menawarkan bantuan uang asal tidak memilih Amin dan mengarahkan pada pasangan capres yang didukung Jokowi.

Hal yang sama juga dilakukan oleh kandidat lain yang didukung partai yang kini diduga sedang berseteru dengan Jokowi. Menggunakan jaringan yang sama yang dimiliki oleh Amin dengan cara cara kotor politik uang dan fitnah.

Nampaknya upaya menghadang Amin terus dilakukan namun sayangnya upaya itu dirasa tidak terlalu efektif. Terbukti terjadi penolakan dimana mana dan bahkan dukungan terhadap pasangan Amin semakin menguat dan tak bisa dibendung.

Survey survey abal abal yang selalu menempatkan pasangan Amin pada posisi nomor tiga juga terbantahkan semua. Sambutan yang luar biasa terhadap Amin adalah realitas yang tak terbantahkan.

Sambutan luar biasa terhadap Amin nampaknya tak bisa menutupi kegelisahan Jokowi. Upaya memberi pesan bahwa Jokowi netral dan tidak cemas harus dilakukan. Undangan jamuan makan siang terhadap ketiga bacaprespun dilakukan. Sebagai bagian dari kesan yang diciptakan bahwa Jokowi netral.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *