Cerdas! Kisah Abu Nawas: Mampu Menjelaskan Penyebab Pohon Besar Berbuah Kecil

Penyebab Pohon Besar Berbuah Kecil
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Suatu hari Abu Nawas  pergi ke kebunnya. Di sana ia duduk di atas pohon besar, lalu melepas pecinya dan menikmati segarnya angin.

Menurut saluran YouTube resmi Humor Sufi, Abu Nawas sedang memperhatikan tamannya yang luas. Dia menanam banyak buah  di sana. Dilihatnya pohon labu yang sudah berbuah dan semakin besar. Dia pikir dia akan mengambilnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia bertanya-tanya mengapa pohon labu yang akar merambatnya mudah patah bisa menghasilkan buah yang besar.

Tetapi pohon tinggi dan besar yang sedang ia duduki, buahnya kecil-kecil. Apakah Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak tertukar memberikan rahmat-Nya?

Ketika asyik memandangi buah labu dan menikmati embusan angin, tiba-tiba batang pohon bergeseran. Buahnya jatuh tepat di kepala Abu Nawas yang sedang tidak memakai sorban.

Buahnya lalu diambil dan dimakan. Sontak dia berpikir Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak keliru menentukan besaran ukuran buah di setiap jenis pohon.

Jika buah yang kecil itu menjadi sebesar labu, pasti akan menyakiti manusia saat sudah matang dan jatuh. Nah, berarti memang Allah Azza wa Jalla tidak akan pernah keliru.

Itulah cara unik Abu Nawas mengajarkan untuk bersyukur atas kebijaksanaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tidak terbatas.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *