JK Menyayangkan Institusi MK dan KPK Ternodai

MK dan KPK Ternodai
Jusuf Kalla
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id  – Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) Yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia,  PP IPHI menyayangkan kegaduhan yang terjadi di 2 lembaga negara, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi (MK). 2 pimpinan lembaga tersebut kini diduga dalam masalah pelanggaran etik dan hukum.

Menurut JK dua lembaga tersebut dibangun dengan semangat yang luar biasa untuk menjaga konstitusi. Namun saat dinodai oleh beberapa oknum.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami sayangkan bahwa lembaga-lembaga yang dibangun dengan niat yang sangat luar biasa, menjaga konstitusi, menjaga jangan ada terjadi penyelewengan, korupsi, tetapi sekarang semuanya ternoda,” ujar JK usai menghadiri resepsi milad 1 abad Perguruan Diniyah Puteri di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sabtu, 4 November 2023.

Menurutnya, dua lembaga yang penting tersebut harus dijaga dengan baik. Jangan sampai ternoda karena perbuatan-perbuatan pimpinan. Sebab MK dan KPK sangat penting untuk keberlangsungan Indonesia.

JK menyarankan agar para pimpinan lembaga yang bermasalah tersebut diberi sanksi. “Ya, harus diberi sanksi agar tidak merusak jalannya negara kedepannya,” ujar JK.

Sebelumnya, hakim konstitusi Anwar Usman sedang menjalani pemeriksaan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Anwar diduga melakukan pelanggaran etik soal putusan batas usia calon presiden-wakil presiden.

Sementara Ketua KPK Firli Bahuri juga tengah menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya. Firli diperiksa atas dugaan pemerasan kepada Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sumber: tempo

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *