Jangan Panik, Berikut Cara Memulihkan Whatsapp Yang Dibajak

Memulihkan Whatsapp Yang Dibajak
Whatsapp Yang Dibajak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Banyaknya jumlah pengguna menjadi alasan peretas jahat mengincar pembajakan WhatsApp. Korbannya beragam, mulai dari selebriti hingga masyarakat biasa.

WhatsApp dibajak bisa menimbulkan masalah bagi korbannya. Karena akun ini bisa digunakan oleh penjahat untuk melakukan penipuan. Misalnya meminta uang kepada teman korban atau memeras korban dengan berjanji mengembalikan akun WhatsApp miliknya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut ciri-ciri akun WhatsApp dibajak atau disadap seperti dikutip dari media sosial Siber Polri, Jumat (1/9/2021):

  1. Akun pengguna mendadak logout atau keluar sendiri dari aplikasi WhatsApp

WhatsApp hanya mengizinkan penggunaan akun WhatsApp dengan nomor ponsel sama pada satu smartphone. Ketika akun WhatsApp kamu keluar dengan sendiri artinya ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama di smartphone lain.

  1. Pesan telah terbaca Kamu merasa belum membaca pesan tetapi pesan itu ada centang biru tanda sudah terbaca, kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.
  2. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.

  1. WhatsApp Web tiba-tiba aktif

Untuk mengecek apakah orang lain menggunakan akun WhatsApp kamu atau tidak, klik ikon tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan terlihat pad aplikasi apa WhatsApp kamu terkoneksi.

Cara Ambil Alih WhatsApp yang Dibajak

WhatsApp yang dibajak bisa dikembalikan. Asalnya nomor ponsel yang didaftarkan di akun WhatsApp masih aktif dan masih dimiliki korban penipuan.

Caranya, delete atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel. Kemudian install kembali WhatsApp ke ponsel. Nantinya akan muncul pesan singkat (SMS) notifikasi dari WhatsApp yang berisi one time password (OTP) yang berisi angka enam digit. Masukkan nomor tersebut untuk memverifikasi akun WhatsApp.

“Akun WhatsApp yang ada di tangan hacker akan secara otomatis logout (keluar) sebab WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu nomor ponsel,” jelas pakar keamanan Vaksincom Alfons Tanujaya beberapa waktu lalu.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email [email protected] menuliskan “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”. Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *