10 Keistimewaan Bila Umat Islam Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Keistimewaan Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
Keistimewaan Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Beliau terkenal dengan nama Syaikh Dardir dan dijuluki sebagai Abu Barakat atau bapaknya keberkahan. Gubahan Sholawat Tibbil Qulub dapat ditemukan dalam kitab Saadah ad-Darain fi Shalat ‘Ala Sayyid Al-Kaunnain yang ditulis oleh Syaikh Yusuf bin Ismail. Pengarang kitab ini menisbatkan tulisan kepada Syaikh Ad-Dardir.

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim”

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

  1. sholawat Ibrahimiyah

Sholawat Ibrahimiyah merupakan salah satu sholawat paling populer bagi umat Islam. Sholawat ini sangat afdhol karena selalu dibaca dalam setiap sholat.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.”

Dalam kitab Kifayatul Atqiya’ wa Minhajul Ashfiya’, karangan Sayyid Abu Bakar Syatha menuturkan sebuah nasihat tentang kemuliaan, keutamaan dan keistimewaan membaca sholawat.

Beliau mengatakan: Wahai saudaraku, perbanyaklah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang mulia. Karena sesungguhnya sholawat yang kita baca kepada Nabi Muhammad SAW dapat menghapus dosa besar, memberi petunjuk kepada jalan yang lurus, menyelamatkan kita dari siksa neraka dan mengantarkan kita mendapatkan kenikmatan surga yang abadi.

Kemudian Sayyid Abu Bakar Syatha menyatakan sepuluh keistimewaan yang akan diperoleh oleh orang yang rajin membaca sholawat:

  1. Mendapat sholawat dari Allah, yakni Allah akan selalu mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita.
  2. Mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.
  3. Dengan membaca sholawat, kita sudah mengikuti jejak para malaikat abror, kita berada dalam barisan para malaikat kebajikan. Sebab para malaikat abror selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  4. Menjadi pembeda antara kita dengan orang munafik dan kafir.
  5. sholawat akan menghapus kesalahan dan dosa- dosa kita.
  6. Dikabulkan hajat dan kebutuhan-kebutuhan kita.
  7. sholawat dapat memberi pencerahan aspek lahir dan batin kita.
  8. sholawat akan menyelamatkan kita dari azab api neraka.
  9. sholawat akan mengantarkan kita masuk kedalam surga, rumah keabadian.
  10. Di akhirat kelak, kita akan mendapatkan ucapan selamat dari Allah Yang Maha Agung lagi Maha Perkasa.
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *