6 Manfaat Daun Kenikir Bagi kesehatan

Manfaat Daun Kenikir
Daun kenikir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id Daun kenikir tidak hanya dikonsumsi sebagai lalapan tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bahkan daun ini dipercaya dapat mencegah penyakit tertentu seperti darah tinggi dan diabetes. Tapi, apakah manfaat tersebut benar-benar terbukti efektif? Simak jawabannya pada artikel dibawah ini.

Daun fenugreek sebenarnya merupakan tanaman asli Amerika Latin, namun juga ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Temukan 6 Manfaat Daun Fenugreek untuk Kesehatan – Alodokter. Daun yang mempunyai nama latin Cosmos caudatus ini dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung nutrisi tertentu. . Selain sebagai makanan, tanaman ini juga dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kandungan Nutrisi Daun Kenikir

Daun kenikir mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Daun ini juga diketahui kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Selain berbagai nutrisi di atas, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat. Semua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan Tubuh.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kenikir, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun kenikir meliputi:

  1. Mencegah dan mengobati diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun dapat terkendali.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, daun kenikir memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, daun ini baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Namun, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengobati hipertensi masih belum diketahui secara pasti, sehingga belum dapat dipastikan manfaatnya sebagai obat untuk hipertensi.

  1. Mencegah osteoporosis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya.

Akan tetapi, studi tersebut baru sebatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *