Ilmuwan Tiongkok Telah Menemukan Obat Baru Untuk Diabetes

Obat Baru Untuk Diabetes
obat Diabetes

Hajinews.co.id – Hari Diabetes Sedunia memberikan harapan kepada pasien diabetes untuk menjalani hidup lebih percaya diri dan penuh semangat. Ilmuwan Tiongkok telah menemukan obat anti diabetes baru untuk pasien diabetes tipe 2.

Laporan Scitech Daily, Selasa (14/11/2023) Para ilmuwan di Universitas Peking di China telah menemukan obat baru yang bertujuan untuk membantu pasien diabetes melawan diabetes. Sasaran Bacteroides spp. mikroba dipeptidyl peptidase 4 (DPP4), enzim mikroba yang berperan penting dalam pengendalian diabetes tipe 2

Perlu diketahui bahwa DPP4 merupakan zat yang dapat merusak glukagon dan berkontribusi terhadap terganggunya homeostasis glukosa. Demikian hasil penelitian Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking, Rumah Sakit Ketiga Universitas Peking, dan Fakultas Kimia dan Teknik Molekuler Universitas Peking.

Para peneliti juga menemukan bahwa enzim protease dalam tubuh akan mengurangi kemanjuran klinis Sitagliptin, obat pengobatan diabetes yang umum digunakan. Hal ini disebabkan Sitagliptin tidak dapat menghambat aktivitas DPP4 secara efektif.

Kini, peneliti sedang mencari metode baru untuk menghambat aktivitas DPP4, yang mempunyai potensial untuk memunculkan efektivitas dari obat yang ada, bahkan menemukan untuk pengobatan yang baru. Penemuan ini diharapkan agar mendapatan implikasi yang signifikan untuk masa depan penderita diabetes dan menambah efektivitas penggunaan obat lainnya.

Mengapa hal ini penting?

Data penderita diabetes di Indonesia menunjukkan angka yang tinggi dan mengkhawatirkan. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2021 ada sekitar 19,46 juta orang di Indonesia yang mengidap diabetes.

Angka ini meningkat 81,8% dibandingkan tahun 2019. Indonesia berada di posisi kelima di dunia dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak, dan berstatus waspada diabetes.