Hikmah Siang: Yang Pernah Kuat Menjadi Lemah, Yang Pernah Lemah Menjadi Kuat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sebuah pelajaran hidup yang perlu kita renungkan, tatkala melihat pertemuan antara Si kecil dan Si kakek ini.

Dimana kondisi keduanya begitu mirip, Namun di antara keduanya memiliki makna yang berbeda.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yaitu antara yang pernah kuat menjadi lemah dan yang lemah akan menjadi kuat.

Sebuah kenyataan fase hidup yang akan kita semua alami dan tak dapat kita hindari, bahwa akan tiba masanya kita akan menjadi kuat setelah lemah dan setelah itu akan kembali lemah setelah kuat.

Sungguh benar firman Allah Ta’ala :

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. (QS Ar-Ruum : 54)

Allah mengingatkan (manusia) akan fase-fase yang telah dilaluinya dalam penciptaannya, dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain. Dan di antaranya setelah ia dilahirkan dari perut ibunya dalam keadaan lemah, kecil, dan tidak berkekuatan. Kemudian menjadi besar sedikit demi sedikit hingga menjadi pemuda yang kuat sesudah lemah.

Dan kemudian setelah itu ia akan kembali menjadi tua dan berkurang kekuatannya, lalu menjadi manusia yang lanjut usia dan inilah yang dimaksud keadaan lemah sesudah kuat.

Maka seorang mukmin yang cerdas ia akan menyadari bahwa ia hidup di dunia tak selamanya, pasti akan tiba masanya semua kecantikan, ketampanan dan kekuatannya akan memudar,  ia akan menua, menjadi lemah dan setelah itu tutup usia pergi meninggalkan dunia, sehingga dengan inilah ia senantiasa bergegas dan berusaha mempersiapkan bekal kematiaannya.

Semoga hal ini menyadarkan kita semua terutama atas waktu dan usia yang kita miliki saat ini, sudahkah kita pergunakan untuk beramal shalih sebagai bekal kehidupan kedua di akhirat atau justru hingga hari ini kita masih lalai dalam ibadah dan ketaqwaan ?

Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah serta menutup akhir usia kita semua dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin.

*

✍ Habibie Quotes, 10/01/2019
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *