Milisi Houthi Yaman Membajak Kapal Seorang Miliarder Israel di Laut Merah, 25 Awak Kapal Disandera

Houthi Yaman Membajak Kapal Seorang Miliarder Israel
Houthi Yaman
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Milisi Houthi Yaman menyita sebuah kapal kargo tujuan Israel di jalur pelayaran penting Laut Merah pada  Minggu (19 November).

Pejabat Houthi mengatakan mereka telah menyandera lebih dari dua lusin awak kapal. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran bahwa ketegangan regional akibat perang antara Israel dan Hamas akan berdampak  maritim di masa depan.

Kelompok Houthi yang didukung Iran mengatakan mereka membajak kapal tersebut karena hubungannya dengan Israel dan menyandera awak kapal. Kelompok tersebut telah memperingatkan bahwa mereka akan terus menargetkan kapal-kapal milik Israel atau afiliasinya di perairan internasional sampai Israel berhenti memerangi para pemimpin Hamas di Gaza.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Semua kapal milik musuh Israel atau yang berurusan dengannya akan menjadi sasaran yang sah,” kata Houthi.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyalahkan Houthi atas serangan terhadap Galaxy Leader berbendera Bahama, sebuah kapal pengangkut kendaraan yang berafiliasi dengan miliarder Israel.

Dikatakan bahwa 25 awak kapal tersebut memiliki beragam kewarganegaraan, termasuk Bulgaria, Filipina, Meksiko, dan Ukraina, namun tidak ada warga Israel yang berada di kapal tersebut.

Kelompok Houthi mengatakan mereka memperlakukan para awak kapal “sesuai dengan nilai-nilai Islam mereka,” namun tidak menjelaskan lebih lanjut apa maksudnya.

Kantor Netanyahu mengutuk penyitaan itu sebagai “tindakan teror Iran.” Militer Israel menyebut pembajakan tersebut sebagai “insiden yang sangat serius dan berdampak global.”

Para pejabat Israel bersikeras bahwa kapal itu milik Inggris dan dioperasikan Jepang. Namun, rincian kepemilikan dalam database pelayaran publik mengaitkan pemilik kapal dengan Ray Car Carriers, yang didirikan oleh Abraham “Rami” Ungar, yang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Israel.

Ungar mengatakan kepada The Associated Press, bahwa dia mengetahui kejadian tersebut namun tidak dapat berkomentar karena dia menunggu rinciannya. Sebuah kapal yang terkait dengannya mengalami ledakan pada tahun 2021 di Teluk Oman. Media Israel menyalahkan Iran pada saat itu.

Dunia pelayaran internasional yang kompleks sering kali melibatkan serangkaian perusahaan manajemen, bendera, dan pemilik yang tersebar di seluruh dunia dalam satu kapal.

Dua pejabat pertahanan AS membenarkan bahwa Houthi menangkap Galaxy Leader di Laut Merah pada Minggu sore waktu setempat.

“Para pemberontak turun ke kapal kargo dengan memukul mundur dari helikopter,” kata para pejabat, yang membenarkan rincian yang pertama kali dilaporkan oleh NBC News.

Para pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Dua kali dalam sebulan terakhir, kapal perang AS telah mencegat rudal atau drone dari Yaman yang diyakini menuju Israel atau menimbulkan ancaman terhadap kapal-kapal Amerika.

USS Carney, sebuah kapal perusak Angkatan Laut, mencegat tiga rudal jelajah serangan darat dan beberapa drone yang diluncurkan oleh pasukan Houthi ke arah utara Laut Merah bulan lalu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *