IPO Beber Penyebab Elektabilitas Anies-Muhaimin Melonjak

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mampu menyalip Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal ini disebabkan perselisihan antara kubu Ganjar-Mahfud dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Anies tidak berebut dengan siapapun, AMIN fokus kepada ceruknya sendiri,” ujar Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra dalam konferensi pers di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 20 November 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dedi menjelaskan pasangan Ganjar-Mahfud harus berebut suara dengan pasangan Prabowo-Gibran. Keduanya memperebutkan pemilih yang pro dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Anies tidak terpengaruh Konflik itu, dalam artian di basis suara mereka, justru konflik itu mempengaruhi posisi Anies semakin kuat,” jelasnya.

Selain itu, elektabilitas Ganjar-Mahfud makin terpuruk dengan adanya konflik internal di tubuh PDI Perjuangan (PDIP). Pangsang calon (paslon) itu, ditinggal pemilih yang pro dengan Presiden Jokowi.

“Situasi itulah yang membuat Anies punya tren yang cukup positif sementara Ganjar harus melawan arus besar Prabowo,” jelasnya. IPO mengungkap elektabilitas tiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Hasilnya, elektabilitas Anies masih berada di atas Ganjar Pranowo.

“Elektabilitas Anies 32,7 persen dan Ganjar 28,3 persen,” ujar Direktur eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah Putra dalam konferensi pers di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sedangkan, posisi pertama masih diduduki oleh capres Prabowo Subianto 37,5 persen. Lalu, terdapat 1,5 persen responden yang belum menentukan pilihannya.

Survei IPO dilakukan pada 10-17 November 2023. Survei melibatkan 1.400 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling (MRS). Margin of error 2,90 persen dan tingkat akurasi data 95 persen.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *