14 Penyakit Yang Menanti Anda Seiring Bertambahnya Usia

Penyakit Yang Menanti Anda Seiring Bertambahnya Usia
lansia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terhadap berbagai penyakit. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, pola makan dan pikiran.

Akibatnya, para lansia terserang berbagai penyakit. Penyakit ini dapat menyerang sistem kardiovaskular, saraf atau beberapa organ tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

14 Penyakit yang Mengintai Seiring Bertambahnya Usia

Beberapa penyakit yang seringkali dialami seiring bertambahnya usia yaitu mulai dari stroke, hipertensi, kanker hingga depresi. Berikut penjelasannya

  1. Stroke

Stroke terjadi saat darah berhenti mengalir di salah satu area otak sebab adanya gangguan pada salah satu pembuluh darah. Mengutip Very Well Health, kondisi ini sangat serius, karena sel-sel otak yang kekurangan oksigen mulai mati secara cepat.

Ada dua jenis stroke, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak, sementara stroke hemoragik terjadi saat pembuluh darah pecah di otak.

  1. Hipertensi

Tensi atau tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan darah pada dinding arteri ketika jantung bekerja. Tekanan akan lebih rendah ketika tubuh sedang beristirahat, lalu makin tinggi saat sedang stres atau bersemangat. Pada umumnya tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

  1. Kanker

Usia menjadi salah satu faktor terbesar seseorang terkena kanker, di mana sel-sel abnormal tubuh tidak terkendali. Menurut American Cancer Society, 77% dari seluruh kanker didiagnosis pada orang berusia di atas 55 tahun. Beberapa jenis kanker yang umum terjadi seiring bertambahnya usia adalah kulit, payudara, paru-paru, kolorektal, prostat, kandung kemih, limfoma non-Hodgkin dan kanker perut.

  1. Parkinson

Parkinson merupakan kelainan neurologis progresif yang menyebabkan gemetar, kaku dan terhentinya gerakan. Usia menjadi salah satu faktor risiko penyakit parkinson.

Tiga perempat dari seluruh kasus penyakit ini dimulai setelah usia 60 tahun. Pria lebih mungkin terkena parkinson dibandingkan dengan wanita.

  1. Diabetes Tipe 2

Diabetes merupakan kelainan yang mengganggu cara tubuh dalam menggunakan glukosa dari makanan yang dicerna. Diabetes tipe 1 biasanya dimulai pada orang di bawah usia 30 tahun. Kondisi ini menyebabkan tubuh mereka berhenti memproduksi insulin.

Sementara, diabetes tipe 2 lebih umum terjadi setelah usia 45 tahun. Penyakit ini melibatkan resistensi terhadap insulin yang menyebabkan tubuh tidak memproses glukosa dengan benar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *