Saksi di Gaza: Sulit Bagi Israel Untuk Memenangkan Perang Ini

Sulit Bagi Israel Untuk Memenangkan Perang Ini
Sulit Bagi Israel Untuk Memenangkan Perang Ini
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Pendiri International Networking for Humanitarian (INH), Mohammed Hussein atau dikenal sebagai Hussein Gaza, menilai gencatan senjata kemanusiaan selama empat hari yang mulai berlaku pada Jumat (24/11/2023) masih perlu kehati-hatian dan kewaspadaan

“Terkait kesepakatan gencatan senjata, atau humanity ceasefire, empat hari, memang harus tetap ada kewaspadaan. Dan ini sudah dipahami oleh para pejuang di Gaza. Mengingat tabiat dan karakter Yahudi yang selalu melanggar,” tuturnya usai agenda ‘Temu Kolaboraksi Untuk Palestina‘ yang diselenggarakan Dompet Dhuafa di Philanthropy Building, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Husein yang telah 12 tahun berada di Gaza Palestina, berpandangan, jika Israel melanggar kesepakatan gencatan senjata maka akan ada tekanan di negara-negara mediator. Menurutnya, kemungkinan Israel melanggar kesepakatan gencatan senjata ini memang ada, tetapi semoga itu tidak terjadi.

“Biasanya, (mengacu pada) yang sudah-sudah, memang berjalan beberapa hari. Tapi nggak sampai 4 hari, 3 hari biasanya sudah ada pelanggaran, tapi kita tentu berharap yang sebaliknya,” tuturnya.

Di sisi lain, menurut Husein, gencatan senjata ini sangat menguntungkan pejuang Gaza. Sebab ada kemungkinan juga gencatan senjata selama 4 hari ini berujung pada gencatan senjata permanen. Meski kemungkinannya kecil, tapi peluang itu ada.

“Kita juga mendengar ancaman (Perdana Menteri Israel) Netanyahu akan melanjutkan serangan setelah ceasefire. Tapi tekanan-tekanan terhadap Israel pun kuat sebetulnya,” jelasnya.

Dalam situasi ini, Husein mengatakan, walaupun ada potensi besar Israel melanggar kesepakatan gencatan senjata ini, tetapi konsekuensinya sangat berat bagi Israel bila melanggar kesepakatan tersebut.

“Karena setiap hari itu ada beberapa tahanan Israel (yang ada di pihak Hamas), ada 50 tahanan Israel yang akan dilepas secara bertahap,” katanya.

Husein juga optimistis agresi Israel tidak akan lama lagi akan berhenti, meski ada pernyataan Netanyahu akan melanjutkan sampai 2 bulan. Sebab sebetulnya Israel juga sangat terpukul akibat agresi yang mereka lakukan.

Kemudian dia mengutip ayat berikut:

وَلَا تَهِنُوا۟ فِى ٱبْتِغَآءِ ٱلْقَوْمِ ۖ إِن تَكُونُوا۟ تَأْلَمُونَ فَإِنَّهُمْ يَأْلَمُونَ كَمَا تَأْلَمُونَ ۖ وَتَرْجُونَ مِنَ ٱللَّهِ مَا لَا يَرْجُونَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Wa lā tahinụ fibtigā`il-qaụm, in takụnụ ta`lamụna fa innahum ya`lamụna kamā ta`lamụn, wa tarjụna minallāhi mā lā yarjụn, wa kānallāhu ‘alīman ḥakīmā

“Dan janganlah kamu berhati lemah dalam mengejar mereka (musuhmu). Jika kamu menderita kesakitan, maka ketahuilah mereka pun menderita kesakitan (pula), sebagaimana kamu rasakan, sedang kamu masih dapat mengharapkan dari Allah apa yang tidak dapat mereka harapkan. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.” (QS. An Nisa ayat 104)

“Mereka (Israel) terlihat sok kuat di media tetapi mereka sedang hancur-hancuran di dalamnya, maka perang adu tegar ini tidak akan mungkin dimenangkan oleh Zionis. Kemungkinan, setelah 4 hari ini, kalau tidak ada ceasefire permanen, maka hanya akan bertahan seminggu,” paparnya.

Tafsir

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *