4 Menu Makanan Padang yang Tinggi Kolesterol dan Sebaiknya Dihindari

Makanan Padang yang Tinggi Kolesterol
Rendang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Masakan Padang merupakan salah satu jenis masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan cita rasa yang kaya dan pedas. Namun sayangnya, beberapa makanan padang banyak mengandung kolesterol sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Makanan padang seringkali dihindari oleh penderita kolesterol agar kadar LDL dalam tubuhnya tidak meningkat.

Ada cara menikmati makanan Padang tanpa khawatir kolesterol. Pertama, pilihlah makanan yang dipanggang atau dikukus daripada digoreng. Makanan yang dipanggang atau dikukus umumnya lebih rendah kolesterol dan lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Kedua, kendalikan porsinya agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kolesterol. Untuk makanan dengan kadar kolesterol tinggi, hindari porsi kecil dan pilih makanan yang lebih sehat seperti salad atau sup bening.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Usahakan juga menghindari makanan yang mengandung santan atau santan dalam jumlah besar. Tambahkan makanan kaya serat pada menu makan, seperti seporsi sayuran atau seporsi nasi merah untuk menurunkan paparan kolesterol total dari makanan. Di bawah ini menu Padang yang mengandung kolesterol tinggi:

Menu Masakan Padang Tinggi Kolesterol

  1. Rendang

Rendang adalah salah satu masakan Padang yang paling terkenal. Masakan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, kunyit, dan santan. Namun, daging sapi yang digunakan dalam rendang mengandung tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Gulai

Gulai merupakan masakan kari ala Padang yang terbuat dari daging atau ikan yang dimasak dengan campuran rempah-rempah dan santan. Meskipun rasanya lezat, gulai juga mengandung tinggi kolesterol karena penggunaan santan dan daging yang mengandung lemak jenuh.

  1. Sate Padang

Sate Padang adalah masakan yang terbuat dari daging sapi yang dipanggang dan disajikan dengan kuah kacang khas Padang. Daging sapi yang digunakan dalam sate Padang mengandung tinggi lemak sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

  1. Dendeng Balado

Dendeng balado adalah masakan Padang yang terbuat dari daging sapi tipis yang digoreng kering dan disajikan dengan sambal balado. Meskipun rasanya pedas dan menggugah selera, dendeng balado mengandung tinggi kolesterol karena penggunaan daging sapi dan minyak goreng dalam proses pengolahannya.

Meskipun memiliki rasa yang lezat, konsumsi menu masakan Padang yang mengandung tinggi kolesterol sebaiknya dikurangi atau dihindari terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol tinggi. Jangan pernah mengonsumsi jeroan yang tersedia dalam masakan Padang, karena sangat tinggi kolesterol. Sebaiknya, pilihlah makanan sehat yang rendah kolesterol untuk menjaga kesehatan tubuh.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *