Warga Israel Muak dengan Netanyahu, Minta Perang Dihentikan!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Sejumlah warga Israel menggelar aksi protes pada Sabtu (2/12/2023) malam di luar markas militer di Tel Aviv. Mereka memprotes pengeboman baru di Gaza yang mereka salahkan atas terhentinya pembebasan sekitar 130 sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

Kelompok ini berkumpul setelah rapat umum mingguan yang menuntut pembebasan semua sandera yang ditahan oleh Hamas. Mereka berbaris di sekitar pangkalan militer Kirya milik Pasukan Pertahanan Israel dan menuntut pertemuan mendesak dengan kabinet perang negara tersebut untuk gencatan senjata.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Noam Shuster-Eliassi, seorang komedian yang ikut serta, mempertanyakan keputusan untuk melanjutkan perang, yang dimulai kembali pada hari Jumat lalu. Menurutnya, ini menimbulkan kesengsaraan bagi keluarga para sandera yang masih ditawan Hamas.

“Banyak dari mereka yang berpartisipasi (dalam aksi ini) adalah aktivis anti-perang, yang berusaha melakukan segala yang kami bisa untuk menghentikan pemerintahan kriminal ini,” paparnya dikutip The Guardian, Senin (4/12/2023).

Ini adalah pertama kalinya keluarga dari beberapa korban penculikan berkumpul dengan aktivis lainnya. Mereka yang berbicara termasuk Yael Adar, yang putranya yang berusia 38 tahun, Tamir, masih ditahan oleh Hamas, meskipun ibu mertuanya yang berusia 85 tahun, Yaffa, dibebaskan lebih dari seminggu yang lalu.

Menurut Shuster-Eliassi, hanya upaya politik dan perjanjian diplomatik yang dapat membuat masyarakat tetap hidup. Ia mengacu pada perjanjian gencatan senjata pekan lalu yang berhasil membawa pulang puluhan orang sandera.

“Satu-satunya alasan mengapa beberapa orang di sini memiliki oksigen dan energi dalam tubuh kami adalah karena gencatan senjata beberapa hari di mana kami melihat keluarga-keluarga bersatu kembali dan kami tahu bahwa orang-orang di Gaza tidak dibombardir.”

Sementara itu, protes anti-pemerintah lainnya terjadi di Kaisarea, tempat perkebunan milik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berada. Eran Litman, ayah Oriya, yang dibunuh di festival musik Nova, termasuk di antara mereka yang menyerukan pengunduran dirinya.

Litman menyalahkan Netanyahu atas kegagalan yang menyebabkan serangan tak terduga Hamas pada tanggal 7 Oktober yang menyebabkan kematian 1.200 orang di Israel.

“Tangan pemerintah Israel, dan pemimpinnya, berlumuran darah,” katanya, menurut Haaretz.

Demonstrasi anti-pemerintah mencerminkan suasana hati yang lebih suram di kalangan keluarga sandera. Dimulainya kembali permusuhan pada Jumat pagi tiba-tiba memotong prospek pembebasan lebih lanjut.

Sebelumnya, acara utama Sabtu malam, yang dihadiri oleh ribuan orang di luar Museum Seni Tel Aviv, mencerminkan beberapa perubahan suasana hati. Hadas Calderon, yang anak-anaknya Sahar, 16, dan Erez, 12, baru-baru ini dibebaskan sementara ayah mereka, Ofer, masih ditahan, mengatakan emosinya campur aduk saat berbicara di rapat umum tersebut.

“Bagi saya keajaiban telah terjadi dan kami berharap keajaiban terjadi pada semua orang. Penyanderaan adalah permainan Fortnite yang menjadi kenyataan,” pungkasnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *