Hikmah Pagi: Suami Terbaik Adalah yang Paling Baik Kepada Keluarganya 

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Seorang suami keluar rumah untuk bekerja dengan niat untuk memberikan nafkah kepada keluarganya dan Ikhlas karena Allah maka hal tersebut akan bernilai pahala yang besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

دِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi, pen)” (HR. Muslim no. 995).

Imam Nawawi membuat judul untuk hadits ini, “Keutamaan nafkah bagi keluarga dan hamba sahaya, serta dosa bagi orang yang melalaikan dan menahan nafkahnya untuk mereka”. Dalam Syarh Muslim (7: 82), Imam Nawawi mengatakan, “Nafkah kepada keluarga itu lebih afdhol dari sedekah yang hukumnya sunnah”.

Semoga Allah memberi kekuatan kepada para suami yang mencari nafkah karena Allah dan untuk menafkahi keluarganya. Allahumma amiin..

Allahu Ta’ala a’lam bisshowabU

Oleh: Ustadz Khalid Basalamah

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *