5 Dampak Kurang Tidur, Waspada Penyakit Kardiovaskular

Dampak Kurang Tidur
Dampak Kurang Tidur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id Kurang tidur merupakan masalah umum yang sering terabaikan. Padahal, kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan emosi. Bahkan mempercepat penuaan dini yang menimpa semua orang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada beberapa dampak negatif kurang tidur yang mungkin belum Anda alami saat ini. Namun siapa sangka hal itu bisa berdampak jangka panjang di masa depan.

Dampak Buruk Kurang Tidur

Berikut lima dampak kurang tidur yang dapat merugikan tubuh dan pikiran, seperti dirangkum detikJatim dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

  1. Gangguan Kognitif

Kurang tidur telah terbukti menyebabkan gangguan kognitif jangka panjang. Kekurangan tidur secara kumulatif dapat mengganggu kinerja otak, mengurangi konsentrasi, bahkan meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

  1. Gangguan Mood dan Emosional

Orang yang sering kurang tidur cenderung mengalami perubahan mood yang signifikan. Hal ini dapat mencakup peningkatan stres, kecemasan, dan depresi. Efek jangka panjang dapat merusak emosional seseorang secara menyeluruh.

  1. Risiko Penyakit Kardiovaskular

Studi epidemiologis menunjukkan bahwa kurang tidur berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Kondisi ini dapat mencakup hipertensi, jantung koroner, dan stroke. Jadi, memprioritaskan tidur cukup seharusnya menjadi bagian integral dari upaya pencegahan penyakit jangka panjang.

  1. Pengaruh pada Metabolisme dan Berat Badan

Kurang tidur dapat mengubah regulasi hormonal yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme. Ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan, resistensi insulin, dan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

  1. Penuaan Dini

Kekurangan tidur juga dapat mempercepat proses penuaan. Kulit yang tidak mendapatkan istirahat yang cukup cenderung mengalami penuaan dini, dengan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kulit kusam.

Tips Tidur Cukup Setiap Hari

Dampak buruk kurang tidur tersebut menyadarkan kita agar tidak menganggap sepele masalah tidur. Efek jangka panjang kurang tidur dapat mengubah kualitas hidup secara signifikan.

Oleh karena itu, tidur cukup dan berkualitas harus menjadi prioritas kita. Dengan tidur cukup, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kualitas hidup jangka panjang.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *