Khasiat Tanaman Kumis Kucing Untuk Pengobatan Asam Urat

Khasiat Tanaman Kumis Kucing
Tanaman Kumis Kucing
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – kumis kucing (Orthosiphon stamineus) merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga mint dan mendapatkan namanya dari bunganya yang memiliki benang sari yang panjang dan menonjol menyerupai kumis kucing.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kumis kucing sering dikonsumsi di Asia Tenggara, dalam bentuk teh yang disebut teh Jawa.

Tanaman kumis kucing juga digunakan sebagai tanaman hias karena penampilannya yang menarik dengan bunganya yang indah berwarna putih dan ungu.

Tanaman kumis kucing kaya akan antioksidan kuat dan beberapa fitokimia, termasuk terpen, flavonoid, turunan asam caffeic, dan minyak esensial.

Obat herbal tanaman kumis kucing banyak digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi, kencing manis dan penyakit radang sendi seperti asam urat dan rematik.

Apa itu asam urat?

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat berlebih di persendian dan jaringan lunak.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, penumpukan asam urat berlebih menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Tubuh Anda secara alami memproduksi asam urat ketika memecah bahan kimia (purin) yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu.

Kadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat dan ginjal tidak mengeluarkannya dari darah dengan cukup cepat.

Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia), kristal asam urat dapat menumpuk dan mengendap di persendian.

Kristal tajam tersebut menggumpal dan menyebabkan nyeri, bengkak, dan gejala lainnya secara tiba-tiba.

Manfaat kumis kucing untuk asam urat

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Australian Herbal Insight, ramuan tanaman kumis kucing memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan terbukti efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Kandungan anti-inflamasi dan efeknya tersebut membuat ramuan dari tanaman kumis kucing bermanfaat dalam mengobati asam urat.

Kondisi peradangan sendi merupakan kejadian umum yang dapat memengaruhi mobilitas secara signifikan, yang sering kali disebabkan oleh gejala asam urat dan rematik.

Selain itu, secara alami tanaman kumis kucing kaya akan potasium dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang yang kuat.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Health Benefits, tanaman kumis kucing disebut dapat mengobati dan menyembuhkan asam urat.

Kumis kucing mengandung enzim seperti flavonoid dan asam alami yang mengurangi nyeri dan menenangkan dari segala jenis rasa sakit, termasuk kondisi asam urat.

Tanaman ini kerap digunakan sebagai ramuan, daun tanaman diketahui memiliki manfaat untuk mengobati penyakit, seperti asam urat, radang ginjal, rematik, dan hipertensi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *