Jangan Makan Terlalu Banyak, Ini Batas Aman Konsumsi Durian Per Hari

konsumsi durian
durian
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jika kamu biasa makan buah durian berlebihan (lebih dari 4 biji) disusul dengan m2.akan makanan berkalori tinggi lainnya, ini bisa menyebabkan berat badanmu mudah naik.

  1. Berisiko mengalami lonjakan gula darah

Tak hanya karbohidrat, durian juga mengandung gula, seperti fruktosa dan glukosa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut sebuah penelitian, 100 gram buah durian mengandung 3,1-19,97 gram gula, tergantung jenis duriannya.

Meskipun durian tergolong sebagai buah dengan indeks glikemik rendah, namun tetap saja, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat berisiko menyebabkan lonjakan gula darah, terlebih bagi penderita diabetes.

  1. Meningkatkan gejala penyakit ginjal

Selanjutnya, efek samping terlalu banyak makan durian dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Ini lantaran, durian mengandung tinggi kalium.

Kadar kalium yang tinggi disebut dapat membahayakan ginjal, terutama pada pengidap penyakit ginjal kronis.

Saat kadar kalium terlau tinggi, tubuh tepatnya ginjal tidak dapat membuang atau mengeluarkan kelebihan kalium dalam darah.

Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan hiperkalemia (kadar kalium tinggi). Pada akhirnya, ini bisa memiicu sernagan jantung hingga berujung pada kematian.

  1. Sensasi panas

Menurut dokter Traditional Chinese Medicine (TCM), Raffles Chinese Medicine, Teo Pei Si mengatakan bahwa durian memiliki khasiat dalam menghangatkan tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsinya terlalu banyak dapat membuat tubuh berisiko mengalami gejala, seperti sakit tenggorokan, sariawan, sembelit, atau dahak berlebih.

  1. Gangguan pencernaan

Terakhir, terlalu banyak makan durian dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan, terlebih bila dikonsumsi dengan minum beralkohol.

Durian mengandung senyawa belerang yang dapat memperlambat metabolisme alkohol di hati.

Saat Anda mengonsumsi durian dengan alkohol, hati akan memproses gula dan lemak dalam durian serta alkohol secara bersamaan.

Kemudian, saat memadukan durian dengan alkohol dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak, kemungkinan Anda bisa mengalami kembung dan mabuk yang lebih parah dari biasanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *