10 Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Kesehatan Ginjal

Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Ginjal
Cherry
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ginjal merupakan salah satu organ penting yang menunjang tubuh untuk melakukan aktivitas dengan baik. Di bawah ini adalah 10 makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan ginjal menurut para ahli nutrisi.

Ketika ginjal bermasalah, tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan racun dan kotoran dari darah, mengontrol tekanan darah, dan menyaring kelebihan cairan tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, perlu dilakukan pola makan yang lembut pada ginjal agar organ tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

“Kita tahu betapa pentingnya nutrisi untuk kesehatan ginjal. Untungnya, kita tidak perlu bergantung pada minuman detoks yang aneh atau ramuan yang tidak menggugah selera untuk mendukung ginjal kita. Ada banyak makanan bermanfaat bagi siapa pun yang tertarik pada perawatan ginjal,” kata Catalina Ruz, ahli diet dan gizi mengutip Eating Well.

Makanan terbaik untuk ginjal

Berikut ini 5 makanan terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal”

  1. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap mengandung antioksidan, vitamin C, E dan K, serta mineral kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi, menjadikannya sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal.

“Sayuran ini melawan peradangan dan melindungi dari kerusakan oksidatif yang terjadi ketika ginjal bekerja terlalu keras,” kata Ruz.

  1. Ceri asam

Ginjal memiliki arteri dan vena kecil serta halus yang dapat rusak jika tekanan darah terlalu tinggi dalam jangka waktu lama.

Makanan yang mendukung tekanan darah yang sehat juga mendukung kesehatan ginjal, dan ceri asam adalah salah satu makanan tersebut.

“Kaya akan vitamin A dan antioksidan, ceri asam telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk diet yang mendukung ginjal. Manajemen tekanan darah yang baik sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal,” kata Ruz

  1. Tahu

Jika Anda mencari protein nabati untuk meningkatkan kesehatan ginjal, maka pilihlah tahu.

Menurut Ruz, protein hewani seperti daging mungkin memiliki kandungan asam yang sedikit lebih tinggi, sehingga dapat membebani ginjal yang sedang kesulitan.

“Karena ginjal menyeimbangkan pH tubuh kita dan menghilangkan asam, makanan yang mendukung proses ini, seperti tahu, bisa sangat mendukung ginjal,” jelas Ruz.

“Tidak seperti protein hewani, protein nabati membantu meningkatkan pH tubuh, menghindari lingkungan asam yang [berpotensi berbahaya] di dalam tubuh,” katanya.

  1. Biji rami

Kadar gula darah yang tinggi lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Itu sebabnya diabetes tipe 2 dikaitkan dengan penyakit ginjal kronis.

Salah satu cara untuk menjaga glukosa tetap stabil dan ginjal tetap sehat adalah dengan memasukkan makanan berserat tinggi, seperti biji rami, ke dalam makanan Anda.

“Serat ini membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk kesehatan ginjal,” kata Ruz.

  1. Bawang putih

Ruz mengatakan, bawang putih berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang kuat dan telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, yang bermanfaat untuk fungsi ginjal.

“Selain itu, bawang putih membantu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh penyakit ginjal, sehingga mendukung pencegahan kerusakan ginjal lebih lanjut,” tambahnya.

5 Makanan terburuk untuk ginjal

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *