10 Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Kesehatan Ginjal

Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Ginjal
Cherry
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Apa saja makanan terburuk untuk kesehatan ginjal? Berikut daftarnya:

  1. Soda gelap

Soda, terutama soda berwarna gelap seperti cola, mengandung banyak fosfor buatan. Fosfor adalah mineral yang diperlukan untuk tulang yang kuat, dan ginjal yang sehat dapat dengan mudah menyaring kelebihan fosfor dari makanan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun Ruz memperingatkan terhadap fosfor buatan yang ditemukan dalam soda berwarna gelap, karena dapat berdampak buruk pada ginjal.

“Para ahli diet sering menyarankan untuk tidak mengonsumsi soda hitam, karena soda juga merupakan sumber tambahan gula yang signifikan. Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya lewati saja.”

  1. Makanan beku

Makanan olahan beku (frozen food) mengandung banyak sekali natrium meski mudah untuk disiapkan.

“Karena mengatur asupan garam sangat penting untuk kesehatan ginjal, kami umumnya menyarankan untuk tidak mengandalkan sebagian besar makanan beku,” kata Ruz.

National Kidney Foundation merekomendasikan agar kebanyakan orang mematuhi batas 2.300 mg sodium per hari. Mereka yang memiliki penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi harus membatasi asupan natrium sebanyak 1.500 mg per hari.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sering kali tinggi lemak jenuh, gula, dan kalori, dan rendah nutrisi.

“Pola makan ramah ginjal pada dasarnya harus terdiri dari beragam buah dan sayuran, karbohidrat kompleks, dan protein tanpa lemak. Makanan cepat saji, yang kaya akan natrium, lemak jenuh, dan fosfor, tidak memiliki nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan untuk kesehatan ginjal,” kata Ruz.

“Meskipun nyaman, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji,” tambahnya.

  1. Keju olahan

Jika Anda mencermati label produk keju di pasaran, sering kali itu bukan “keju biasa.” Ruz mengatakan, produk keju olahan sering kali ditambah dengan natrium dan fosfor yang berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Daging dalam jumlah yang banyak

Protein memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, namun ahli tidak merekomendasikan konsumsi dalam jumlah berlebihan.

“Konsumsi protein hewani yang berlebihan dapat memberikan beban pada ginjal. Protein hewani menghasilkan tingkat asam yang tinggi dalam darah, yang harus dihilangkan oleh ginjal. Membatasi asupan daging adalah pendekatan yang penuh perhatian untuk menjaga kesehatan ginjal,” kata Ruz.

Ini tidak berarti Anda tidak boleh makan daging, karena ginjal yang sehat akan dengan mudah menyaring asam tersebut. Daging menawarkan banyak manfaat kesehatan, namun jika khawatir dengan kesehatan ginjal Anda, bicarakan dengan dokter tentang berapa banyak daging yang harus Anda makan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *