Hikmah Siang: Sholat Amalan Pertama yang Akan Dihisab

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Meninggalkan shalat adalah perkara yang teramat bahaya. Di dalam berbagai dalil disebutkan berbagai ancaman yang sudah sepatutnya membuat seseorang khawatir jika sampai lalai memperhatikan rukun Islam yang mulia ini.

Allah Ta’ala berfirman, “Apakah yang menyebabkan kamu masuk ke dalam Saqar (neraka)?”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka menjawab: “dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, (Qs. Al muddassir 42-43)

Maka seorang muslim dan mengaku beriman hendaknya ia tidak menganggap remeh dan bermudah-mudahan meninggalkan shalat.

Sesibuk apapun jangan pernah tinggalkan shalat, karena semua kerja keras dan kesuksesanmu tidak akan berguna jika engkau tidak selamat dari api neraka.

Bahkan sholat adalah Amalan yang Pertama Dihisab pada Hari Kiamat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ، ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ “

Dari Abu Huroiroh, dia berkata: Aku telah mendengar Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: “Sesungguhnya pertama kali amal hamba yang akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka dia beruntung dan sukses.

Namun jika sholatnya rusak, maka dia gagal dan rugi. Jika ada sesuatu kekurangan dari sholat wajibnya, maka Ar-Robb (Alloh) ‘Azza wa Jalla berfirman: “Perhatikan (wahai para malaikat) apakah hambaKu ini memiliki sholat tathowwu’ (sunah), sehingga kekurangan yang ada pada sholat wajibnya bisa disempurnakan dengannya!”

Kemudian seluruh amalannya akan dihisab seperti itu.

(HR. Tirmidzi, no. 413; Nasai, no. 465; Abu Dawud, no. 864; Ibnu Majah, no. 1425; Ahmad, no. 9494. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Semoga Allah ta’ala memberikan kita ke istiqomahan agar tetap melaksanakan shalat.

***

✍ Habibie quotes, 14/09/23
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *