Seruan ‘Anies Presiden’ Sambut Anies Saat Ziarahi Makam Mbah Bisri Rembang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Capres nomor urut 01 Anies Baswedan ziarah ke makam KH Bisri Mustofa (Mbah Bisri), kakek Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketim PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, di Kompleks Permakaman Umum Kabongan Kidul, Rembang.

Pantauan detikJateng di lokasi, Anies ziarah bersama rombongan tanpa ditemani pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Anies tampak didampingi para petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni Waketum PKB yang juga anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid dan Ketua DPW PKB Jateng KH Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anies tiba di kompleks makam pada pukul 08.14 WIB, dengan menggunakan kendaraan Toyota Alphard K 1702 DW. Sebelumnya rombongan menempuh jalur udara menggunakan helikopter dan turun di Stadion Krida, Rembang.

Saat turun dari mobil yang ia tumpangi, Anies disambut oleh puluhan warga dan diteriaki, “Anies Presiden, amin,” secara kompak bersama-sama.

Di pusara Mbah Bisri, Anies terlihat khusyuk melantunkan wirid. Setelah itu, Anies tampak mengamati satu per satu beberapa makam lainnya di dekat makam Mbah Bisri. Makam-makam itu yakni makam milik para sesepuh Ponpes Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang atau makam para leluhurnya KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Anies menjelaskan, kegiatan ziarah yang ia lakukan adalah bagian dari mendoakan para tokoh-tokoh panutan. Ia menyebut, tokoh-tokoh seperti Kiai Bisri, Kiai Cholil Harun dan Kiai Cholil Bisri merupakan pribadi teladan serta tokoh yang selama ini menjadi panutan.

“Jadi pada pagi ini kami ziarah ke makam Kiai Bisri Mustofa juga Kiai Cholil Harun juga kita ziarah ke Kiai Cholil Bisri. Ini semua bagian dari mendoakan mereka-mereka yang telah menjadi pribadi teladan contoh tokoh-tokoh yang selama ini jadi rujukan,” terang Anies saat diwawancarai wartawan usai melakukan rangkaian ziarah di makam para sesepuh Pondok Leteh.

Lebih lanjut Anies berharap, dari kegiatan ziarah ini dapat menjadi pengingat atas apa yang para tokoh perjuangkan dahulu masih relevan dilanjutkan hingga pada saat sekarang ini.

“Kita berharap bisa meneruskan yang mereka perjuangkan. Dan dengan kita berziarah ini harapannya juga mengingatkan bahwa apa yang mereka perjuangkan itu masih relevan sampai dengan sekarang. Alhamdulillah ziarah berjalan lancar,” tutur Anies.

“Rembang ini adalah tempat di mana proses pendidikan pondok-pondok pesantren yang berkembang luas atas jasa mereka,” imbuh Anies.

Saat disinggung wartawan soal, kenapa pasangannya, Cak Imin tidak sekalian mengikuti agenda ziara di Makam Kiai Bisri Mustofa di Rembang, Anies mengatakan keduanya bagi-bagi tugas.

“Bagi-bagi kalau semuanya bareng terus nanti nggak dapet tempat yang banyak,” pungkas Anies.

Untuk diketahui, (alm) Kiai Haji Cholil Harun yang dijuluki Imam Sibawihnya Jawa ini merupakan mertua dari Kiai Haji Bisri Mustofa.

Sedangkan (alm) Kiai Haji Bisri Mustofa atau yang akrab disapa Mbah Bisri adalah ayahanda (alm) Kiai Haji M. Cholil Bisri dan Gus Mus, merupakan seorang penulis kitab fenomenal yakni Tafsir Al-Ibriz.

Sementara itu, (alm) Kiai Haji M. Cholil Bisri atau Mbah Cholil adalaha ayah dari Ketum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *