Hikmah Malam: Kedermawanan yang Buruk

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menjadi manusia yg dermawan adalah merupakan akhlak yg mulia bahkan dalam agama sangat di anjurkan, karena dengan sikap tersebut kekurangan, kesedihan serta kesulitan seseorang bisa terbantu.

Akan tetapi tahukah kita, ternyata ada bentuk kedermawanan yg buruk dan kedermawanan ini benar² tidak dianjurkan sama sekali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan:

أَسْوَأُ أَنْوَاعِ الْكَرَمِ هُوَ : كَرَمُكَ فِي إهْدَاءِ حَسَنَاتِكَ لِلْآخَرِينَ غِيْبَةً وَنَمِيْمَةً وَبُهتَاناً وسَبًّا وَشَتْمًا

“Kedermawanan yang paling buruk adalah dermawan memberikan pahala kebaikanmu kepada orang lain dengan ghibah (gunjing), namimah (adu domba), dusta, cacian dan makian.”. (Majmu Al-Fatawa: 8/454)

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallam juga memperingatkan tentang kedzaliman ini kepada ummatnya, sebagaimana dlm sabdanya:

مَنْ كَانَتْ عِنْدَهُ مَظْلَمَةٌ لأَخِيهِ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهَا ، فَإِنَّهُ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ ، وَلاَ دِرْهَمٌ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُؤْخَذَ لأَخِيهِ مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَخِيهِ فَطُرِحَتْ عَلَيْه

“Barang siapa yang pernah mendzalimi saudaranya maka hendaklah ia segera meminta penghalalan (maaf) darinya. Sesungguhnya disana (pada hari pembalasan) tidak ada lagi dinar dan dirham. Sebelum nanti diambil pahalanya kemudian diberikan kepada saudaranya itu. Apabila ia tidak memiliki kebaikan lagi maka akan diambil kejelekan (dosa) saudaranya tadi lantas kemudian dipikulkan kepadanya.” (HR. Bukhari: 6534)

Memberikan kebaikan kepada orang lain adalah hal yg sangat dianjurkan dlm agama. Namun, tidak dengan cara seperti ini, dimana pahala amal shalih yg susah payah telah ia kumpulkan selama di dunia. Namun kelak pahala² kebaikan itu akan habis diberikan kepada orang lain, sebab ia dahulu gemar melakukan ghibah, cacian, adu domba, tuduhan dusta, serta semua bentuk kedzaliman kepada orang lain karena hal itu justru merugikan diri kita sendiri.

Semoga hal ini menjadi perhatian bagi kita semua, sekaligus motivasi untuk meninggalkan ghibah, caci maki, dusta dan perbuatan dzalim lainnya, agar kelak kita tidak termasuk orang² yg rugi di akhirat.

✍ Habibie Quotes, 11/10/22
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *