Mengenang Gus Dur Sang Pemersatu Bangsa

Mengenang Gus Dur
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sang teladan yang diangkat untuk memimpin negeri di masa sulit, tapi dijatuhkan dengan cara yang tidak fair ini telah pergi untuk selamanya. Menghadap Sang Khalik pemilik kehidupan.

Empat belas tahun sudah waktu itu berlalu. Memang bukan waktu yang singkat. Tapi kita toh tetap tidak boleh melupakannya. Presiden yang selalu enteng dalam segala hal dengan diksi “gitu aja kok repot”.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Presiden yang terusir dari istana atas isu tidak jelas Bruneigate dan Buloggate yang tidak bisa dibuktikan sampai sekarang. Atau memang tidak perlu lagi dibuktikan karena syahwat para elit sudah terpenuhi.

Presiden yang keluar dari istana santai saja sambil melambaikan tangannya kepada Indonesia dengan hanya bersarung dan bersandal jepit. Seolah mau mengatakan kepada semua orang terutama kepada para pendukungnya.

Kalian cukup sampai di sini saja. Jabatan bagi saya tidak ada apa apanya. Persatuan bangsa harus jadi yang utama.

Jejak sejarah, terutama pelajaran berharga yang ia tinggalkan bagi bangsa yang ia cintai ini harus selalu diingat agar jadi pedoman kita dalam menggapai cita-cita luhur para pendiri bangsa.

Ini adalah pelajaran paling mendasar yang jadi salah satu legacy beliau dan perlu kita sadari sebagai refleksi akhir tahun.

Arti penting semangat persatuan dan kesatuan bangsa atas dasar Ketuhanan yang maha esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ini juga bagian dari nilai luhur bangsa yang ada dalam Pancasila, dasar falsafah dan ideologi bangsa yang sudah menjaga Indonesia tetap utuh sampai sekarang.

Bagi Gus Dur, nilai persatuan ini sangat penting, walaupun tidak kalah penting dari nilai lain dalam Pancasila yang semuanya saling mendasari.

Nilai-nilai luhur bangsa ini harus dijaga dan dipraktikkan. Ia harus jadi pedoman hidup bersama dan bersesama dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demi Indonesia jaya. Demi Indonesia emas 2045.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *