Muhasabah Akhir Tahun 2023

Muhasabah Akhir Tahun 2023
Hasanuddin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Hasanuddin Ibrahim (Ketua Umum PBHMI 2003-2005), Redaktur Pelaksana Hajinews.id

Hajinews.co.id – Jelang pergantian tahun, ada baiknya kita melakukan muhasabah. Muhasabah sangat baik dilakukan dengan memperhatikan realitas keadaan yang sedang kita alami saat ini. Agar ke depan menjadi lebih baik lagi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Alhamdulillah, syukur kita yang sebesar-besarnya kepada Allah swt, atas segala nikmat karunia-Nya. Terutama nikmat Islam dan Iman, juga nikmat umur yang berkah yang senantiasa masih diberikan-Nya.

Tantangan diberikan oleh Allah kepada kita semua, agar dengan itu kualitas keimanan, kualitas keislaman, kualitas kemanusiaan kita ditinggikan-Nya.

Oleh sebab itu jika bertemu suatu tantangan hadapilah tantangan itu dengan yakin akan adanya pertolongan Allah swt. Terutama jika tantangan itu datangnya dari orang-orang kafir.

Allah swt berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا لَقِيْتُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا زَحْفًا فَلَا تُوَلُّوْهُمُ الْاَدْبَارَۚ

yā ayyuhallażīna āmanū iżā laqītumullażīna kafarū zaḥfan fa lā tuwallūhumul-adbār

“Wahai orang yang beriman! Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang akan menyerangmu, maka janganlah kamu berbalik membelakangi mereka (mundur)”. (Q.S Al-Anfal [8] : 15)

Ayat ini tidak harus dipahami sebagai perintah berkelahi, atau berpetang saja. Tapi juga mesti dipahami sebagai perintah untuk tidak goyah dalam mempertahankan keimanan.

Nabi Muhammad SAW junjungan kita, juga di iming-imingi dengan harta kekayaan, jabatan oleh para tokoh musyrikin Mekah kala itu agar menghentikan dakwah, meninggalkan ajaran Allah SWT.

Tapi Beliau atas pertolongan Allah swt, kokoh bertahan dalam keimanannya kepada Allah.

Kita berdoa semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan-Nya, pertolongan-Nya agar kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW juga diberikan pertolongan-Nya sehingga tetap kokoh mempertahankan keimanan kepada Allah, sebagaimana keteladanan yang telah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Saudara seiman, Kita sedang dalam masa ujian, apakah kita dapat menahan segala macam godaan yg sedang di tawarkan kaum musyrikiin, kaum munafikuun kepada kita. Bermacam-macam metode dan pendekatan yang mereka gunakan. Terutama dengan memanfaatkan kebutuhan kita akan harta benda maupun melalui anak-anak kita.

Sebab itu, Allah swt mengingatkan:

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ

wa‘lamū annamā amwālukum wa aulādukum fitnatuw wa annallāha ‘indahū ajrun ‘aẓīm

“Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar”. (Q.S Al-Anfal [8] :28

Semua itu dapat membuat kita terjerumus menjadi hianat kepada Allah.

Selanjutnya mari kita perhatikan firman Allah swt berikut ini:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

yā ayyuhallażīna āmanū lā takhūnullāha war-rasūla wa takhūnū amānātikum wa antum ta‘lamūn

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”. (Q.S Al-Anfal [8] : 27)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَا تَوَلَّوْا عَنْهُ وَاَنْتُمْ تَسْمَعُوْنَ

yā ayyuhallażīna āmanū aṭī‘ullāha wa rasūlahū wa lā tawallau ‘anhu wa antum tasma‘ūn

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari-Nya, padahal kamu mendengar (perintah-perintah-Nya)”, (Q.S Al-Anfal [8] : 20)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *